Rabu, 10 Februari 2016

Tips Mudah Dan Murah Membuat Pengharum Ruangan Alami

1440135shutterstock-133083593780x390Musim hujan telah tiba. Waktunya bagi Anda membereskan seluruh ruangan rumah Anda agar ruangan tidak menjadi lembab dan berbau tak sedap. Ruangan yang lembab akan mempermudah perkembangbiakan bakteri-bakteri yang berbahaya jika tidak diatasi dengan segera, apalagi ruangan yang lembab adalah ruangan yang sedikit memperoleh udara sehingga bisa menyebabkan ruangan menjadi  bau dan tidak sedap. Waktu yang kurang lantaran sibuk melakukan kegiatan sehingga Anda lupa dan menjadi malas untuk mengurus rumah.
Perawatan untuk menjaga kelembaban dengan AC atau perawatan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap dalam rumah dengan semprotan atau gantungan pengharum ruangan pastinya sangat mengeluarkan biaya yang cukup besar. Tapi tidak terpikirkan oleh Anda bahwa pengharum ruangan rempah dan buah bisa menghemat biaya yang dikeluarkan oleh Anda setiap menjaga rumah dan menjadi salah satu solusi alternatif bagi Anda yang ingin membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Untuk itu kenapa Anda tidak mencoba untuk buat sendiri??

  1. Jeruk nipis dan daun mint
Wangi jeruk dan daun mint memiliki aroma yang segar dan tidak menyebabkan mual. Aroma dari jeruk nipis dan daun mint merupakan aroma yg pas bagi Anda yang senang akan suasana yang segar dan harum. Cara membuatnya mudah, cukup rebus air dan beri sedikit garam, jika sudah mendidih masukkan jeruk nipis dan daun mint sesuai selera, jika sudah mulai tercium aroma wangi, angkat dan masukkanlah kedalam botol bening atau gelas agar terlihat cantik. Air yang diberi garam membantu jeruk nipis dan daun mint tidak berubah warna, sehingga warna jeruk nipis dan daun mint masih tetap sama jika dimasak.
  1. Lemon , teh dan kayu manis
Lemon, tehdan kayu manis adalah perpaduan yang pas bagi Anda yang suka kesegaran dan ketenangan. Kayu manis adalah salah satu rempah-rempah yang memiliki aroma yang khas menyengat tapi menyegarkan, sedangkan teh memiliki aroma yang menenangkan. Cara membuatnya sama seperti yang diatas namun menggunakan bahan berbeda. Cukup rebus air hingga matang dan masukkan sedikit garam, jika sudah mendidih masukkan lemon yang sudah dipotong tipis dan masukkan juga beberapa teh dan kayu manis, tunggu hingga aroma tercium kemudian angkat dan masukkan kedalam gelas.
  1. Lilin dan kopi
Lilin merupakan alat penerangan alternatif, jika lilin dan kopi dicampurkan apa jadinya? Bagi Anda yang suka dengan aroma dari kopi, bisa Anda buat lilin kopi sendiri dirumah. Caranya mudah dan praktis. Cukup sediakan tali sumbu, lilin, panci, kopi yang sudah digiling dan gelas kaca kecil. Setelah semua bahan tersedia, lelehkan lilin dipanci, jika sudah meleleh, siapkan sumbu dengan posisi tali sumbu dipegang agar ketika lilin dimasukkan sumbu tidak jatuh, masukkan lilin kedalam gelas kecil sedikit saja kemudian taburkan kopi keatas lilin jika sudah masukkan lilinnya lagi dan taburkan kopi hingga terus menerus, jika semuanya sudah dilakukan tunggu beberapa saat hingga lilin kopi mengeras dan siap digunakan.
Itulah beberapa cara membuat aroma pengharum ruangan alami bagi Anda. Jika Anda suka dengan beberapa bahan yang belum disebutkan diatas, bisa Anda coba praktikkan dan silahkan share dibawah artikel ini. Jangan takut mencoba dan jangan lupa untuk menjaga ruangan dan kesehatan Anda.

Tidak ada komentar: