Selasa, 24 Desember 2019

Mengapa Harus Kimia ?

Hasil gambar untuk chemistry Yang saat SMA berasal dari jurusan IPA pasti sudah nggak asing dengan mata pelajaran kimia. Secara umum, ilmu kimia merupakan cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi atau secara simple-nya ilmu yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.
 
Tetapi, mengapa kimia terlalu rumit dalam pikiran kita, ya? Banyak yang menganggap bahwa kimia hanya ada di laboratorium, atau kimia hanya ada pada makanan berbahaya.
Padahal kimia dekat dengan kehidupan sehari-hari, terkait dengan makanan, pakaian, tempat berlindung, bahkan dengan memahaminya, dapat melindungi hidup kita.



Dengan atau tanpa kamu sadari, siklus hidupmu selalu berkaitan dengan kimia, dan selalu ada kimia yang mengelilingi. Kok bisa? Yuk, kita ingat kegiatan sehari-hari yang kita lakukan!

Bangun tidur

Hasil gambar untuk bangun tidur

Di saat kamu terbangun dari tidur, apakah alarm membangunkanmu hari ini? Yup, elektron kecil dalam jam weker, membuat jam terus berjalan dan membunyikan alarm.
Lalu ketika kamu pergi ke kamar mandi, kamu merasakan air yang begitu sejuk membasahi seluruh tubuh, bukan? Nah, itulah senyawa yang paling dibutuhkan yang terdiri dari unsur H (Hidrogen) dan O (Oksigen) yang membentuk senyawa H2O atau air. Lalu sabun, sampo, pasta gigi yang kamu pakai, bagaimana kimia bisa menyediakan semua itu?
Sekarang lihatlah dirimu di depan cermin, pakaian yang kamu pakai dengan warna-warni dan serat sintesis dari para ahli kimia benar-benar membuat kamu percaya diri, kan?

Mulai beraktifitas

 Hasil gambar untuk mulai aktifitas kartun

Setelah kamu rapi dengan pakaian warna-warni, aktifitasmu dimulai dengan mengendarai sepeda motor atau mobil, bukan? Di mana kendaran tersebut adalah cerminan dari bakat para ahli kimia modern.
Lalu, pernahkah kamu mengeluh akan kemacetan, polusi, dan cuaca yang panas? Coba pikirkan sejenak darimana semua itu berasal dan bagaimana cara mengatasinya? Kamu bisa menemukan jawaban dari pertanyaan ini dengan mempelajari kimia. Bahkan saat berhadapan dengan permasalahan tersebut, membuat kita gregetan dan termotivasi untuk ikut mengatasinya, ya!

Kembali beristirahat

Hasil gambar untuk beristirahat kartun

Setibanya di rumah, merebahkan diri di atas sofa atau tempat tidur dengan ditemani secangkir teh hangat atau coklat panas yang lezat, adalah pilihan yang tepat. Unsur-unsur yang terkandung dalam teh dan coklat panas sehingga bisa menghasilkan rasa yang enak di lidah menjadi bagian dari ilmu kimia, lho! Jadi, tidak bisa dipungkiri lagi, kimia begitu dekat dengan hidup kita ya.

Ilmu kimia mempelajari keseharian kita, bagaimana kita bisa mencukupi kebutuhan hidup, mengatasi permasalahan di sekitar, dan jadi lebih bisa bertanggung jawab atas kenikmatan yang ada di dunia ini karena kita tahu darimana mereka berasal.

Tidak ada komentar: