Setelah melakukan percobaan ini diharapkan siswa dapat:
Kognitif
1.
Mengenal konsep respirasi pada manusia.
2.
Menjelaskan cara kerja paru-paru ketika
bernapas.
Psikomotorik
1.
Merancang percobaan model paru-paru dengan
menggunakan balon.
2.
Mengamati kinerja model paru-paru ketika
bernapas.
Apektif
1.
Memiliki kreatifitas yang tinggi dalam membuat
model paru-paru.
2.
Disiplin ketika melaksanakan prosedur percobaan
yang telah dibuat.
Tujuan
Percobaan
1.
Menjelaskan
fenomena-fenomena yang terjadi pada model paru-paru dengan menggunakan metode group investigation.
2.
Melakukan pengamatan terhadap model
paru-paru dengan menggunakan metode group investigation.
Pendahuluan
Bacalah wacana di bawah ini!
Paru-Paru
Paru paru manusia sebagai salah satu sistem
pernafasan (respirasi) memegang kendali penting, pada setiap bagian paru paru
tersebut.Seperti halnya manfaat oksigen bagi tubuh, paru paru terkait terhadap
beredarnya oksigen keseluruh tubuh.Meskipun kita bisa mendapatkan oksigen
dengan kualitas baik, tapi jika fungsi paru paru sedang mengalami gangguan, hal
tersebut menjadi tidak berguna karena media transmisinya tidak bekerja secara
semestinya.
Pada percobaan kali ini kita akan membuat
sebuah model paru-paru manusia untuk mempelajari kinerja dari paru-paru
tersebut.
Gambar
1. Paru-paru
manusia
Pertanyaan
Pra Lab.
Jawablah pertanyaan di
bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Gambarlah
paru-paru manusia lengkap dengan penjelasan bagian-bagiannya! (0-2)
2. Jelaskan
fungsi dari paru-paru untuk setiap bagiannya! (skor 0-2)
Perhatikan gambar pembuatan model paru-paru di bawah ini!
Gambar 2.
Model paru-paru
Alat
dan Bahan
Berdasarkan gambar
model paru-paru yang akan dibuat (gambar 2). Tentukanlah alat dan bahan yang digunakan
untuk membuat alat tersebut!
No.
|
Nama Alat/Bahan
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
Balon besar
|
1 buah
|
Sebagai penutup bagian bawah
|
2
|
Balon kecil
|
1 buah
|
Sebagai pengganti paru-paru
|
3
|
Toples ukuran sedang
|
1 buah
|
Sebagai wadah penopang
|
4
|
Pipa Y
|
1 buah
|
Bisa diganti oleh sedotan plastik
|
5
|
Plastisin
|
1 buah
|
Sebagai pengencang/penyumbat
|
Prosedur
Percobaan
Berdasarkan gambar
model paru-paru yang akan dibuat (gambar 2). Tentukanlah prosedur percobaan
untuk membuat alat tersebut!
No.
|
Prosedur Kerja
|
Keterangan
|
Kesimpulan
Buatlah kesimpulan dari
hasil pengamatan yang telah Anda lakukan! (skor 0-3)
Pertanyaan Pos Lab.
Jawablah pertanyaan di bawah ini ini untuk mengetahui
apakah Anda benar-benar memahami konsep yang telah dipelajari:
1.
Berdasarkan model paru-paru yang telah kamu
buat. Jelaskan bagaimana sesungghunya kinerja paru-paru pada manusia!
2.
Cari referensi dari sumber lain, dan jelaskan
minimal 5 macam penyakit yang bisa menyerang paru-paru dan apa penyebabnya!
Indikator
PercobaanSetelah melakukan percobaan ini diharapkan siswa dapat:
Kognitif
1.
Mengenal konsep respirasi pada manusia.
2.
Menjelaskan cara kerja paru-paru ketika
bernapas.
Psikomotorik
1.
Merancang percobaan model paru-paru dengan
menggunakan balon.
2.
Mengamati kinerja model paru-paru ketika
bernapas.
Apektif
1.
Memiliki kreatifitas yang tinggi dalam membuat
model paru-paru.
2.
Disiplin ketika melaksanakan prosedur percobaan
yang telah dibuat.
Tujuan
Percobaan
1.
Menjelaskan
fenomena-fenomena yang terjadi pada model paru-paru dengan menggunakan metode group investigation.
2.
Melakukan pengamatan terhadap model
paru-paru dengan menggunakan metode group investigation.
Pendahuluan
Bacalah wacana di bawah ini!
Paru-Paru
Paru paru manusia sebagai salah satu sistem
pernafasan (respirasi) memegang kendali penting, pada setiap bagian paru paru
tersebut.Seperti halnya manfaat oksigen bagi tubuh, paru paru terkait terhadap
beredarnya oksigen keseluruh tubuh.Meskipun kita bisa mendapatkan oksigen
dengan kualitas baik, tapi jika fungsi paru paru sedang mengalami gangguan, hal
tersebut menjadi tidak berguna karena media transmisinya tidak bekerja secara
semestinya.
Pada percobaan kali ini kita akan membuat
sebuah model paru-paru manusia untuk mempelajari kinerja dari paru-paru
tersebut.
Gambar
1. Paru-paru
manusia
Pertanyaan
Pra Lab.
Jawablah pertanyaan di
bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Gambarlah
paru-paru manusia lengkap dengan penjelasan bagian-bagiannya! (0-2)
2. Jelaskan
fungsi dari paru-paru untuk setiap bagiannya! (skor 0-2)
Perhatikan gambar pembuatan model paru-paru di bawah ini!
Gambar 2.
Model paru-paru
Alat
dan Bahan
Berdasarkan gambar
model paru-paru yang akan dibuat (gambar 2). Tentukanlah alat dan bahan yang digunakan
untuk membuat alat tersebut!
No.
|
Nama Alat/Bahan
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
Balon besar
|
1 buah
|
Sebagai penutup bagian bawah
|
2
|
Balon kecil
|
1 buah
|
Sebagai pengganti paru-paru
|
3
|
Toples ukuran sedang
|
1 buah
|
Sebagai wadah penopang
|
4
|
Pipa Y
|
1 buah
|
Bisa diganti oleh sedotan plastik
|
5
|
Plastisin
|
1 buah
|
Sebagai pengencang/penyumbat
|
Prosedur
Percobaan
Berdasarkan gambar
model paru-paru yang akan dibuat (gambar 2). Tentukanlah prosedur percobaan
untuk membuat alat tersebut!
No.
|
Prosedur Kerja
|
Keterangan
|
Kesimpulan
Buatlah kesimpulan dari
hasil pengamatan yang telah Anda lakukan! (skor 0-3)
Pertanyaan Pos Lab.
Jawablah pertanyaan di bawah ini ini untuk mengetahui
apakah Anda benar-benar memahami konsep yang telah dipelajari:
1.
Berdasarkan model paru-paru yang telah kamu
buat. Jelaskan bagaimana sesungghunya kinerja paru-paru pada manusia!
2.
Cari referensi dari sumber lain, dan jelaskan
minimal 5 macam penyakit yang bisa menyerang paru-paru dan apa penyebabnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar