Kamis, 03 April 2014

Studi: Manusia Punya 21 Ekspresi Wajah

Ilustrasi ekspresi wajah manusia (Shutterstock).Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa manusia punya 21 ekspresi wajah saat menunjukkan emosi mereka, demikian diulas LiveScience, Senin (31/3/2014).
Dari total 21 jenis ekspresi, enam sudah jamak dikenal yakni bahagia, sedih, takut, marah, terkejut, dan jijik. Sementara 15 jenis ekspresi lagi merupakan kombinasi dari enam ekspresi dasar tadi. Contohnya orang yang merasa terkejut sekaligus bahagia atau terkejut sekaligus marah.
Menurut para peneliti hasil studi itu bisa menjelaskan otak manusia dan komunikasi sosial. Studi itu diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences edisi 31 Maret.

“Kami menemukan adanya konsistensi pada manusia, bagaimana mereka menggerakan otot-otot wajah mereka untuk menunjukkan 21 kategori emosi,” jelas Aleix Martinez dari Ohio University, peneliti dalan studi itu.
Dalam studi itu para peneliti menggelar eksperimen yang di dalamnya mereka meneliti sekitar 5000 foto dari 230 mahasiswa.
Para mahasiswa itu sebelumnya diminta untuk menunjukkan ekspresi wajah sesuai dengan perintah yang disampaikan secara verbal, misalnya “Anda mendapat kabar gembira yang tidak disangka-sangka” atau “Anda mencium bau busuk”.
Foto-foto para mahasiswa itu lalu dianalisis menggunakan program komputer yang disebut Facial Action Coding System (FACS). Dipopulerkan pada era 1970an, FACS menjabarkan ekspresi wajah manusia dalam beberapa elemen seperti tarikan alis mata, hidung, dan menganalisis pergerakan otot wajah tertentu.
Hasil analisis itu menemukan bahwa 21 ekspresi manusia itu menggunakan kombinasi otot wajah yang berbeda satu sama lain.
 
Sumber : Suara.com 

Tidak ada komentar: