Kamis, 03 April 2014

Ingin Tahu Seberapa Cerdas Lelaki Anda? Lihat Wajahnya

Hubungan antara wajah dengan kecerdasan (Plos One).Ini kabar gembira bagi para perempuan yang mudah tertipu dengan bualan ala Vicky Prasetyo. Sejumlah ilmuwan di Republik Cek mengatakan bahwa untuk mengetahui kecerdasan seorang lelaki hanya perlu melihat wajah mereka dengan lebih seksama.
Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah online, Plos One, para peneliti mengungkapkan bahwa perempuan – juga lelaki – bisa mengetahui kadar kecerdasan seorang lelaki hanya dengan melihat wajah atau foto wajahnya.
Penelitian itu menggunakan foto 40 perempuan dan lelaki untuk menguji hubungan antara bentuk wajah dan kecerdasan seseorang. Sejumlah sukarelawan dalam eksperimen itu diminta untuk melihat foto-foto itu dan menebak seberapa cerdas orang dalam foto
tersebut.
Hasilnya, baik sukarelawan lelaki maupun perempuan, mampu secara akurat menebak tingkat kecerdasan lelaki dalam foto-foto itu. Tetapi mereka gagal ketika menebak kecerdasan perempuan.
“Para sukarelawan berhasil secara akurat menebak kecerdasan lelaki hanya dengan melihat wajah dalam foto, tetapi perkiraan itu sepertinya tidak berdasarkan pada bentuk wajah,” jelas para peneliti.
“Di saat yang sama kami menemukan tidak ada hubungan antara kecerdasan dengan baik daya tarik maupun bentuk wajah,” tulis para peneliti dari Charles University, Praha itu.
Para peneliti kemudian menganalisis 80 foto itu menggunakan metode morfometrik geometrik untuk mengetahui bentuk dan pola wajah seperti apa yang berhubungan dengan kecerdasan.
Mereka menemukan bahwa mereka yang cerdas – baik pada lelaki maupun perempuan – biasanya memiliki wajah panjang, dagu lancip, hidung besar, dan jarak antara mata yang lebih lebar.
Sementara mereka yang punya bentuk kepala oval, wajah lebar, dagu besar, hidung kecil, serta jarak antara mata kurang lebar biasanya punya kecerdasan lebih rendah. 

sumber : suara.com

Tidak ada komentar: