Kamis, 28 Januari 2016

Deg-Degan 1 Bulan Menjelang UN? Simak Tips Persiapan UN Ini

artikel 2Ujian Nasional atau yang disingkat UN adalah ujian terakhir yang menentukan kelulusan. Ini artinya, Quipperian harus lebih serius lagi dalam belajar! Soalnya berkaitan dengan masa depan, lho! Nah, kamu boleh serius dan lebih rajin lagi dalam belajar,  tapi jangan jadikan UN itu menjadi suatu hal yang menyeramkan dan membuat kamu semakin terpuruk. Justru sebaliknya, kamu harus memacu dirimu sendiri agar UN menjadi suatu hal yang membuatmu semakin tertantang. Nah, kalo sudah begitu, tidak aka nada rasa gugup, takut, apalagi terpuruk untuk menghadapi UN.
Ada baiknya lho, jauh-jauh hari sebelum UN kamu harus mempersiapkan beberapa hal yang akan meringankan bebanmu ketika UN. Apalagi, kalau waktunya sudah semakin mendekati, yaitu kurang 1 bulan lagi. Berikut ada beberapa hal yang harus kamu baca untuk melakukan persiapan 1 bulan sebelum UN.

Jaga kesehatan

Hal yang penting untuk mengikuti UN yaitu tubuh kamu yang sehat, bugar, segar dan tidak stress. 1 bulan sebelum UN merupakan waktu yang sangat singkat. Pada masa ini, kamu harus benar-benar menjaga kesehatan kamu supaya pada hari H kamu dapat fit menghadapi UN. Kamu harus menghindari hal-hal yang dapat membuat tubuh kamu kurang fit.
Menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi, tidak hanya bergizi tapi juga baik untuk nutrisi otak. Pada UN, kamu akan dituntut untuk berpikir keras, oleh karena itu kamu jharus menjaga pola makan agar otak juga dapat berpikir secara maksimal. Selain itu, kamu harus makan secara teratur agar lambung tidak terserang penyakit maag yang dapat mengganggu proses belajar kamu.
Hal lain untuk menunjang tubuh kamu agar tetap fit yaitu dengan istirahat yang cukup, olahraga setiap pagi minimal 30 menit dalam sehari, jangan terlalu capek dan juga jangan terlalu terbebani dengan UN. Jadi, UN itu sebenarnya hal untuk dilalui dan dihadapi, bukan untuk dipikirkan atau ditakuti. Iya, nggak?

Kumpulkan materi UN sebanyak-banyaknya

Menjelang UN, kamu pastinya sudah paham mengenai kisi-kisi materi UN. Nah kalau udah gitu, kamu harus segera mengumpulkan buku yang berhubungan dengan materi tersebut. Tidak hanya buku saja, tapi sekumpulan rangkuman, soal-soal, dan juga semua yang ada hubungannya dengan UN. Ketika kamu sudah mengumpulkan banyak materi UN, kamu akan dapat belajar kapanpun dan dimanapun tanpa harus meminjam punya teman kamu.
Ketika seluruh materi tersedia, kamu dapat me-refresh dengan cara memelajarinya lebih santai dan mengerjakan soal-soal dengan tidak terburu-buru. Selain itu, sebelum UN dimulai, kamu bisa mengulangi lagi membaca salah satu referensi materi yang kamu punya. Jadi, kamu lebih paham dan sudah siap bertempur dengan soal-soal UN.

Ciptakan suasana belajar yang kondusif

Waktu 1 bulan itu dapat kamu manfaatkan dengan belajar yang serius tapi santai. Kenapa? Agar pikiranmu tidak terbebani. Ketika suasana belajar yang kondusif dan nyaman tercipta, kamu jadi bisa lebih fokus pada UN. Suasana belajar itu sangat penting karena akan melatih konsentrasi kamu ketika mengerjakan UN. Kalau kamu sudah terbiasa berkonsentrasi dengan ruangan yang kondusif, pada saat UN kamu juga dapat berkonsentrasi dengan nyaman.
Kebiasaan belajar yang nyaman memang sangat berpengaruh sekali buat hasil yang kamu rasakan. Suasana UN yang tegang akan menjadi nyaman, santai tapi serius karena kamu sudah terbiasa dengan ruangan belajarmu yang nyaman dan kondusif.

Belajar kelompok dengan menyelesaikan soal-soal

Kalau kamu belajar sendirian dan sering merasa bosan, ngantuk, apalagi tidak dapat menyelesaikna soal sendirian? Sepertinya, kamu tipe yang harus belajar kelompok dengan teman, deh. Belajar kelompok juga sangat bermanfaat buat kamu yang kurang mampu menyelesaikan soal sendirian dan juga cepat merasa bosan kalau belajar sendirian. Dengan belajar kelompok, kamu bisa meminta tolong kepada teman untuk menyelesaikan soal-soal yang kamu anggap sulit.
Belajar kelompok akan membuatmu semakin akrab dengan teman, lebih enjoy dalam mendalami materi UN, menghilangkan rasa malas belajar karena adanya dukungan dari teman. Ketika belajar kelompok, kamu bisa terbiasa mandiri karena sudah paham bagaimana cara menyelesaikan soal-soal UN.

Banyak berlatih soal-soal

Nah, ketika kamu menghadapi Ujian Nasional, pasti kamu akan bertemu dengan segambreng kumpulan soal yang beragam jenisnya. Karenanya, supaya kamu bisa menyelesaikan soal-soal tersebut, kamu harus banyak berlatih. Karena dengan berlatih soal-soal, kamu kaan mulai terbiasa. Ketika kebiasaan itu tercipta, kamu akan terbawa dan mulai hapal bagaimana cara menyelesaikannya.
Semakin hari, UN akan semakin dekat, pastinya kamu sudah paham tentang teori materi tersebut. 1 bulan sebelum UN itu baiknya kamu manfaatkan untuk berlatih soal-soal saja. Pada dasarnya, setiap tahun UN ya memang hanya mengerjakan soal yang tidak jauh beda dari tahun sebelumnya. Kalau kamu sudah paham satu konsep dengan mudah, kamu akan memahami materi itu dan dengan lancar dan bisa menyelesaikan soal-soalnya.

Berdoa dan minta doa restu orang tua

Selain berusaha, belajar dengan banyak berlatih, kamu juga harus mengimbanginya dengan berdoa kepada Tuham YME. Berdoa jauh-jauh hari sebelum UN dilaksanakan akan sangat membantu batinmu agar tetap tenang. Kalau kamu hanya berdoa sendiri, rasanya belum cukup, deh. Makanya, kamu harus minta doakan pada orang tua, minta doa restu agar kamu dapat menyelesaikan soal-soal UN dengan baik dan benar dan juga hasilnya memuaskan. Doa orang tua juga kaan sangat berpengaruh pada mental kamu, tidak hanya doa tapi jga dukungan moral, penyemangat dari orang tua.
Jadi, UN bukan sesuatu yang mengerikan. Kalau kamu sudah benar-benar menyiapkannya dengan matang dan berdoa dengan sungguh-sungguh, kamu akan dapat menyelesaikan seluruh soal UN dengan lancar dan pastinya hasil yang kamu dapatkan juga akan memuaskan.

disalin dari  : https://video.quipper.com/id/blog/deg-degan-1-bulan-menjelang-un-simak-tips-persiapan-un-ini/

Tidak ada komentar: