Kamis, 28 Januari 2016

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di ITB

shutterstock_104516057_800x533Menjadi murid SMA tingkat akhir memang tidak mudah. Selain mempersiapkan diri untuk Ujian Nasional (UN), kamu juga harus menentukan jurusan dan kampus mana yang harus kamu tuju apabila ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah. Pernah kepikiran untuk masuk Institut Teknologi Bandung (ITB)? Wah, Quipperrian, kamu wajib memasukkan ITB dalam daftar kampus tujuanmu. Agar kamu lebih yakin, baca alasan-alasan di bawah ini, deh.

Institut Terbaik di Indonesia

Pada pertengahan tahun lalu, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) mengumumkan hasil klasifikasi dan pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia. Mereka mengambil data berdasarkan laporan perguruan tinggi Indonesia di Pangkalan Data Perguruan Tinggi dan data eksternal Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (Ban-PT) per Desember 2014. Hasilnya? ITB pun menempati peringkat pertama dalam daftar perguruan tinggi terbaik se-Indonesia.
Prestasi tersebut diraih ITB dengan nilai 3,743 berdasarkan empat kriteria, yaktu Sumber Daya Manusia (SDM), manajemen dan organisasi, kegiatan kemahasiswaan, serta penelitian dan publikasi ilmiah. ITB juga termasuk dalam daftar 500 universitas terbaik di dunia, lho. Siapa, coba, yang tidak mau menjadi salah satu bagian dari perguruan tinggi terbaik di Indonesia? Tidak hanya kamu, orang tua dan keluarga kamu pun pasti akan merasa bangga.

Peduli dengan Kesejahteraan Mahasiswa

Menyandang status sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, ITB memiliki fasilitas yang patut diacungi jempol. Dari perpustakaan yang memiliki buku-buku lengkap untuk referensi sampai layanan internet yang bisa digunakan secara gratis. ITB bahkan juga menyediakan fasilitas olahraga yang cukup lengkap. Mahasiswa ITB kerap menyebutnya dengan Saraga, yang merupakan singkatan dari Sarana Olahraga. Fasilitas tersebut terdiri dari kolam renang, fitness, lapangan basket, tenis, dan voli.
Bentuk kepedulian ITB terhadap para mahasiswanya juga muncul dalam bentuk beasiswa. Tidak usah takut tidak memiliki biaya untuk kuliah karena ITB menyediakan banyak beasiswa yang bisa membantumu untuk memenuhi kebutuhan kuliah. Pelaksanaannya juga sangat profesional karena program beasiswa ini langsung dikelola sendiri oleh Lembaga Kemahasiswaan  ITB. Jadi, asalkan kamu aktif mencari informasi, banyak beasiswa yang bisa kamu dapatkan.

Satu Almamater dengan Orang-Orang keren

Sudah bukan cerita baru lagi bahwa ITB merupakan gudangnya orang-orang cerdas dan hebat. Salah satu yang pasti kamu tahu adalah Ir. Soekarno. Siapa yang tidak mengenal beliau? Bung Karno dikenal sebagai presiden pertama Indonesia yang memiliki andil besar dalam kemerdekaan Indonesia. Lulusan-lulusan lain yang juga tidak kalah hebat adalah B.J. Habibie, Sudjiwo Tedjo, hingga Indra Herlambang dan Aming dari dunia hiburan tanah air.
Dengan kuliah di ITB, kamu memiliki kesempatan yang sama dengan sosok-sosok di atas untuk menjadi lulusan yang keren dan terkenal. Yang lebih mengasyikkan lagi, ikatan alumni ITB terkenal erat dan kuat. Tentunya meereka juga sangat loyal dengan almamater mereka. Biasanya, mereka tidak akan segan merekrut juniornya untuk bekerja di institusi tempat mereka bekerja. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kesulitan untuk mendapatkan lapangan kerja.

Hawa Bandung yang Tiada Duanya

Sebagai ibu kota Jawa Barat, Bandung dikenal sebagai Paris van Java. Begitu kamu menginjakkan Bandung, kamu akan disambut dengan nuansa romantis dari hawa dingin yang menyapamu. Di ITB, suasana nyaman tersebut akan ditambah dengan bangunan gedung-gedung lama khas Belanda. Hal tersebut tidak mengherankan, sebenarnya, mengingat bahwa awalnya ITB didirikan oleh Belanda pada tahun 1920. Maka dari itu, jangan kaget apabila kamu menemukan gedung-gedung dengan nuansa arsitektur zaman Belanda di ITB nanti. Justru hal tersebut lah yang menjadi salah satu faktor unik dari ITB.

artikel ini disalin dari https://video.quipper.com/id/blog/4-alasan-kenapa-kamu-harus-kuliah-di-itb/

DAFTAR QUIPPER VIDEO (BIMBINGAN ONLINE): 
1. https://www.facebook.com/susanto.chimi.9/posts/936469796444545
2. http://kimiamadrasah.blogspot.co.id/2016/01/sekarang-gabung-quipper-video-bisa-via.html

Tidak ada komentar: