Jumat, 05 Desember 2014

Manfaat Menakjubkan Keringat bagi Kesehatan Anda

Menurunkan berat badan hingga menurunkan risiko batu ginjal.

Keringat sering kali dianggap sebagai sesuatu yang menjijikkan, lengket dan bau.

Tak sedikit orang yang enggan berada di luar ruangan karena takut berkeringat. Padahal keringat menyimpan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan Anda.

Melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat juga merupakan cara murah menjaga kesehatan tubuh.
Apa saja manfaat berkeringat? Berikut ulasannya.

1. Menurunkan berat badan
Anda perlu melakukan aktivitas yang bisa mengeluarkan  keringat untuk menurunkan berat badan berlebih. Air dan cairan yang terdapat dalam tubuh seseorang yang terlalu banyak bisa membuat seseorang terasa berat. Jadi air atau cairan ini bisa dibuang melalui keringat. Tapi jangan sampai Anda dehidrasi saat melakukan aktivitas fisik yang menghasilkan keringat. Anda juga harus minum air putih untuk mengimbangi cairan Anda yang hilang.

2. Melancarkan peredaran darah
Proses berkeringat melalui olahraga atau aktivitas fisik dapat memperlancar sistem peredaran darah. Ketika Anda bekerja di luar atau bahkan berjalan cepat, jantung memompa darah Anda lebih cepat sehingga sistem metabolisme dan peredaran darah menjadi lancar.

3. Melembutkan kulit
Sementara racun dan kotoran dalam tubuh dikeluarkan melalui keringat, pori-pori kulit akan terbuka dan wajah terlihat segar dan halus. Namun jangan lupa cuci muka Anda setelah berkeringat.

4. Meningkatkan mood
Bagi orang yang mengalami kejenuhan tingkat tinggi dan stres, tak ada yang bisa membuatnya lebih baik kecuali dengan melakukan aktivitas yang memicu keluarnya keringat.

Aktivitas fisik apapun, apakah berjalan, jogging atau olahraga tertentu dikenal dapat membuat seseorang merasa lebih baik. Studi sebelumnya menunjukkan bagaimana aktivitas fisik mengurangi depresi dan kecemasan, serta perasaan mudah marah. Selain itu, aktivitas fisik juga merangsang zat kimia dalam otak yang membuat orang merasa santai dan bahagia.

5. Mengurangi risiko batu ginjal
Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga secara teratur membantu sistem eksresi seseorang yang dapat mengurangi risiko terjadinya batu ginjal. Saat berkeringat, Anda cenderung menghasilkan banyak air dan cairan yang membantu menjaga ginjal tetap bersih.

Tidak ada komentar: