Kamis, 07 November 2019

Pembelajaran Kimia Asyik

Pelaksanaan kurikulum 2013 berhubungan dengan pendekatan saintifik, kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), integrasi literasi juga disertai penguatan pendidikan karakter bagi siswa. Serangkaian kecakapan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dalam tantangan globalisasi sekarang ini.

Menurut Redhana (2019), selain berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreativitas dan inovasi, kolaborasi dan komunikasi, keterampilan lain yang perlu dimiliki pada abad ke-21 adalah literasi teknologi. Lebih lanjut dijelaskan bahwa literasi ini berhubungan dengan penggunaan komunikasi dan kemampuan seseorang dalam menggunakan teknologi untuk berkomunikasi di era digital. Dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia dengan keterampilan abad ke-21, pemerintah melakukan perubahan dalam pendidikan.


Teknologi dalam pembelajaran bukan semata tentang teknologi yang berkembang dewasa ini, tetapi kepada penggunaan teknologi secara tepat agar siswa belajar (Chaeruman, 2018). Proses belajar yang bermakna bagi siswa adalah dengan mengalami sendiri pengalaman belajarnya. Oleh karena itu, pendekatan saintifik yang diterapkan pada kurikulum 2013 perlu diintegrasikan dalam penerapan pembelajaran yang dirancang oleh guru agar siswa memiliki pengalaman belajarnya sendiri. Pendekatan saintifik dengan penggunaan teknologi dapat menjadi kolaborasi yang menarik dalam pembelajaran bagi siswa.

Di lain sisi, karakteristik pelajaran Kimia pada tingkat pendidikan menengah atas yang meliputi konsep-konsep, hukum-hukum dan teori-teori untuk menjelaskan berbagai fenomena yang terjadi di alam. Materi-materi pada pelajaran kimia yang sulit diamati dapat dengan mudah dipahami siswa secara digital. Hal ini dilatarbelakangi oleh pemakaian gedget dan smartphone yang dimiliki luas oleh setiap kalangan masyarakat, terkhususnya guru dan siswa.

Sejalan dengan hal itu, pemerintah melalui Kemendikbud bekerjasama dengan Pustekkom telah mengembangkan portal pembelajaran digital dengan nama Rumah Belajar. Portal pembelajaran ini menyediakan berbagai bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 ini dapat dimanfaatkan oleh siswa maupun guru pada setiap jenjang pendidikan. Dengan slogan belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja, serta akses bebas tanpa biaya, pembelajaran secara digital dapat dilakukan sebagai inovasi dalam proses belajar mengajar untuk mendukung pembelajaran abad ke-21.

Kegiatan pengenalan dan pemanfaatan portal Rumah Belajar dapat dilakukan dalam proses belajar mengajar di kelas. Setelah pengenalan tentang sahabat Rumah Belajar dan Portal Rumah Belajar, selanjutnya mengenalkan memanfaatkan Fitur Sumber Belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran materi tertentu.  Pada pelajaran Kimia seperti materi Hidrokarbon, guru dapat merancang pembelajaran dengan menggunakan Discovery Learning. Tahapannya sebagai berikut :
  1. Pembelajaran diawali dengan penyampaikan apersepsi, motivasi yang berhubungan dengan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari atau pengetahuan sebelumnya mengenai konfigurasi elektron atom karbon (C).
  2. Setelah itu, seperti pada kegiatan pendahuluan guru menyampaikan Kompetensi Dasar, Manfaat dan Tujuan Pembelajaran hingga sistem penilaian yang digunakan dengan berinteraksi bersama siswa.
  3. Pada kegiatan inti, guru memberikan stimulus (tampilan gambar intan dan grafit) dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa untuk mengungkapkan pertanyaan tentang gambar yang ditampilkan (apakah persamaan dari intan dan grafit? apakah keduanya mengandung unsur C?). Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, dibuat suatu hipotesis untuk dibuktikan.
  4. Kemudian, siswa mengumpulkan data untuk membuktikan hipotesis atau menjawab pertanyaan sebelumnya. Pada tahap inilah guru mulai memperkenalkan tentang Portal Rumah Belajar dan pemanfaatannya dalam
    Registrasi Rumah Belajar
    pembelajaran, hingga menuntun siswa mengunduh dan melakukan registrasi akun pada Rumah Belajar (link : http://belajar.kemdikbud.go.id)
  5. Setiap kelompok diberikan Lembar Kerja dengan tugas yang perlu diselesaikan. Pada langkah mengolah data ini juga digunakan oleh siswa untuk menemukan informasi pada Fitur Sumber Belajar yang telah diperkenalkan. Siswa juga dapat menggunakan sumber belajar dari buku dan dipadukan dengan Rumah Belajar. Setelah itu, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya dan diskusi bersama berdasarkan teori.
    Pemanfaatan Sumber Belajar
  6. Selanjutnya, siswa dan guru menarik kesimpulan hasil pembelajaran dan mengulas kembali konsep-konsep yang telah diajarkan.
    Belajar Kimia Asyik Bersama Rumah Belajar
  7. Pada Kegiatan Akhir, dilakukan evaluasi kepada siswa berupa kuis (3 sampai 5 pertanyaan) terkait materi atau indikator yang dicapai pada pertemuan. Pada tahapan ini, guru dapat memanfaatkan berbagai soal yang terdapat pada Fitur Bank Soal materi Hidrokarbon.
  8. Pada akhir pembelajaran, guru menuntun siswa masuk pada fitur Kelas Digital atau Kelas Maya untuk mempermudah siswa belajar dimana pun selain di kelas. Sebelumnya, Kelas Maya masing-masing kelas telah dibuat oleh guru. Siswa mendaftar masuk Kelas Maya untuk mengerjakan tugas yang akan diberikan tentang hidrokarbon hingga rencana pembelajaran ulang setelah Penilaian Harian.
Materi pelajaran dapat disampaikan dengan media apa saja yang sesuai dengan karakteristik materi yang diajarkan. Rumah Belajar menyediakan beberapa fitur menarik yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh guru maupun siswa. Mari kita wujudkan kecerdasan bangsa melalui pendidikan.
Semoga bermanfaat, 

Referensi:
Redhana, I Wayan. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia FMIPA, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 13, No.1, 2019 hal. 2239-2253.
Chaeruman, A. 2018. Pembelajaran Abad 21. Seminar Nasional Pembelajaran Abad 21 Pusdiklat Kemdikbud, Sawangan, 27 April 2018.

Sumber (Repost) : http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2019/09/pembelajaran-kimia-asyik-bersama-rumah-belajar/

1 komentar:

Marsya mengatakan...

AJO_QQ poker
kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 8 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
-bandar 66 (new game )
Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
PROMO MENARIK
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) |
Whatshapp : +855969190856