Pelaksanaan kurikulum 2013 berhubungan dengan pendekatan saintifik, kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS),
integrasi literasi juga disertai penguatan pendidikan karakter bagi
siswa. Serangkaian kecakapan tersebut diharapkan dapat meningkatkan
kualitas pendidikan dalam tantangan globalisasi sekarang ini.
Menurut
Redhana (2019), selain berpikir kritis dan pemecahan masalah,
kreativitas dan inovasi, kolaborasi dan komunikasi, keterampilan lain
yang perlu dimiliki pada abad ke-21 adalah literasi teknologi. Lebih
lanjut dijelaskan bahwa literasi ini berhubungan dengan penggunaan
komunikasi dan kemampuan seseorang dalam menggunakan teknologi untuk
berkomunikasi di era digital. Dalam rangka mempersiapkan sumber daya
manusia dengan keterampilan abad ke-21, pemerintah melakukan perubahan
dalam pendidikan.
Teknologi
dalam pembelajaran bukan semata tentang teknologi yang berkembang
dewasa ini, tetapi kepada penggunaan teknologi secara tepat agar siswa
belajar (Chaeruman, 2018). Proses belajar yang bermakna bagi siswa
adalah dengan mengalami sendiri pengalaman belajarnya. Oleh karena itu,
pendekatan saintifik yang diterapkan pada kurikulum 2013 perlu
diintegrasikan dalam penerapan pembelajaran yang dirancang oleh guru
agar siswa memiliki pengalaman belajarnya sendiri. Pendekatan saintifik
dengan penggunaan teknologi dapat menjadi kolaborasi yang menarik dalam
pembelajaran bagi siswa.
Di
lain sisi, karakteristik pelajaran Kimia pada tingkat pendidikan
menengah atas yang meliputi konsep-konsep, hukum-hukum dan teori-teori
untuk menjelaskan berbagai fenomena yang terjadi di alam. Materi-materi
pada pelajaran kimia yang sulit diamati dapat dengan mudah dipahami
siswa secara digital. Hal ini dilatarbelakangi oleh pemakaian gedget dan smartphone yang dimiliki luas oleh setiap kalangan masyarakat, terkhususnya guru dan siswa.
Sejalan
dengan hal itu, pemerintah melalui Kemendikbud bekerjasama dengan
Pustekkom telah mengembangkan portal pembelajaran digital dengan nama
Rumah Belajar. Portal pembelajaran ini menyediakan berbagai bahan
belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar
komunitas. Bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 ini dapat
dimanfaatkan oleh siswa maupun guru pada setiap jenjang pendidikan.
Dengan slogan belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja, serta
akses bebas tanpa biaya, pembelajaran secara digital dapat dilakukan
sebagai inovasi dalam proses belajar mengajar untuk mendukung
pembelajaran abad ke-21.
Kegiatan
pengenalan dan pemanfaatan portal Rumah Belajar dapat dilakukan dalam
proses belajar mengajar di kelas. Setelah pengenalan tentang sahabat
Rumah Belajar dan Portal Rumah Belajar, selanjutnya mengenalkan
memanfaatkan Fitur Sumber Belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran
materi tertentu. Pada pelajaran Kimia seperti materi Hidrokarbon, guru
dapat merancang pembelajaran dengan menggunakan Discovery Learning. Tahapannya sebagai berikut :
- Pembelajaran diawali dengan penyampaikan apersepsi, motivasi yang berhubungan dengan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari atau pengetahuan sebelumnya mengenai konfigurasi elektron atom karbon (C).
- Setelah itu, seperti pada kegiatan pendahuluan guru menyampaikan Kompetensi Dasar, Manfaat dan Tujuan Pembelajaran hingga sistem penilaian yang digunakan dengan berinteraksi bersama siswa.
- Pada kegiatan inti, guru memberikan stimulus (tampilan gambar intan dan grafit) dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa untuk mengungkapkan pertanyaan tentang gambar yang ditampilkan (apakah persamaan dari intan dan grafit? apakah keduanya mengandung unsur C?). Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, dibuat suatu hipotesis untuk dibuktikan.
- Kemudian,
siswa mengumpulkan data untuk membuktikan hipotesis atau menjawab
pertanyaan sebelumnya. Pada tahap inilah guru mulai memperkenalkan
tentang Portal Rumah Belajar dan pemanfaatannya dalam
- Setiap
kelompok diberikan Lembar Kerja dengan tugas yang perlu diselesaikan.
Pada langkah mengolah data ini juga digunakan oleh siswa untuk menemukan
informasi pada Fitur Sumber Belajar yang telah diperkenalkan. Siswa
juga dapat menggunakan sumber belajar dari buku dan dipadukan dengan
Rumah Belajar. Setelah itu, masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil pekerjaannya dan diskusi bersama berdasarkan teori.
- Selanjutnya, siswa dan guru menarik kesimpulan hasil pembelajaran dan mengulas kembali konsep-konsep yang telah diajarkan.
- Pada Kegiatan Akhir, dilakukan evaluasi kepada siswa berupa kuis (3 sampai 5 pertanyaan) terkait materi atau indikator yang dicapai pada pertemuan. Pada tahapan ini, guru dapat memanfaatkan berbagai soal yang terdapat pada Fitur Bank Soal materi Hidrokarbon.
- Pada akhir pembelajaran, guru menuntun siswa masuk pada fitur Kelas Digital atau Kelas Maya untuk mempermudah siswa belajar dimana pun selain di kelas. Sebelumnya, Kelas Maya masing-masing kelas telah dibuat oleh guru. Siswa mendaftar masuk Kelas Maya untuk mengerjakan tugas yang akan diberikan tentang hidrokarbon hingga rencana pembelajaran ulang setelah Penilaian Harian.
Materi
pelajaran dapat disampaikan dengan media apa saja yang sesuai dengan
karakteristik materi yang diajarkan. Rumah Belajar menyediakan beberapa
fitur menarik yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh guru maupun
siswa. Mari kita wujudkan kecerdasan bangsa melalui pendidikan.
Semoga bermanfaat,
Redhana, I Wayan. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia.
Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia FMIPA, Universitas
Pendidikan Ganesha. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 13, No.1, 2019
hal. 2239-2253.
Chaeruman, A. 2018. Pembelajaran Abad 21. Seminar Nasional Pembelajaran Abad 21 Pusdiklat Kemdikbud, Sawangan, 27 April 2018.
Sumber (Repost) : http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2019/09/pembelajaran-kimia-asyik-bersama-rumah-belajar/
1 komentar:
AJO_QQ poker
kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 8 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
-bandar 66 (new game )
Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
PROMO MENARIK
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) |
Whatshapp : +855969190856
Posting Komentar