Selasa, 15 Maret 2016

Gimana Sih Caranya Mencari Pembahasan Soal UN Tanpa Harus Buka Internet?


rsz_shutterstock_65750917Selain berkutat dengan buku pelajaran di sekolah, Quipperian yang pejuang Ujian Nasional pastinya juga berkutat dengan buku soal-soal yang siap untuk membantumu menjadi yang terbaik saat UN 2016 nanti. Tapi terkadang memang tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak soal-soal yang kamu bingung dengan penjelasannya sehingga membutuhkan pembahasan lebih lanjut.
Maunya sih begitu, tapi kalau cari di internet malah menemukan hal yang aneh-aneh dan jadinya tidak belajar, hayo ngaku, kamu pasti pernah tidak fokus gara-gara surfing di internet kan? Nah, daripada kamu tidak fokus waktu surfing di internet dan malah mantengin video kucing manis, coba simak deh beberapa cara berikut ini!

Cari Buku Soal yang Ada Pembahasannya

Selain memberikan kunci jawaban, yang sebenarnya lebih penting dari buku soal-soal adalah bagaimana buku soal tersebut secara detil membahas tentang soal-soal Ujian Nasional yang ada. Pastikan buku soal yang kamu beli memiliki pembahasan yang rinci dan mudah dimengerti. Sayang sekali kan bila nantinya kamu malah membeli buku soal-soal yang salah? Bukannya mendapatkan jawaban yang benar, kamu malah akan semakin bingung karena pembahasan soal UN yang kurang bisa dimengerti di buku tersebut.
Untuk mencari buku yang tepat, cobalah bertanya kepada teman atau guru-gurumu tentang rekomendasi buku yang cocok. Kamu juga bisa bertanya kepada petugas di toko buku tentang buku soal apa yang paling laris. Kalau paling laris, pastinya buku tersebut juga memiliki pembahasan soal UN yang ok kan?

Ajak Teman yang Rajin Mengerjakan Soal-soal UN  Untuk Belajar Bersama

Nah,  kalau yang satu ini, Quipperian harus pandai-pandai memilih teman. Bukannya apa sih, tetapi kamu memang harus memilih teman belajar yang cocok dengan kamu dan juga memiliki pengetahuan yang bisa kamu andalkan. Dengan adanya teman yang rajin mengerjakan soal-soal UN, kamu pastinya akan mendapatkan pembahasan mengenai UN yang oke punya dari anak tersebut.
Bila ada soal yang tidak kamu mengerti, kamu bisa kok bertanya kepada temanmu tersebut untuk mengajari Quipperian tentang soal-soal UN yang susah. Jangan malu bertanya, apalagi kepada teman sendiri. Hitung-hitung kamu juga bisa menjadi lebih dekat dengan temanmu yang pintar itu kan?

Buka Lagi Buku Pelajaran Kamu

Kalau dua cara di atas tidak mempan, cobalah untuk membuka kembali buku pelajaran kamu, Quipperian! Sebab, materi-materi Ujian Nasional pasti pernah dibahas di buku-buku pelajaran kamu kok. Jangan terburu-buru, gunakan waktumu untuk melihat secara seksama materi yang ada di buku tersebut. Kamu juga tidak boleh cepat menyerah dalam mencari jawaban untuk pembahasan soal UN-mu, karena banyak orang yang menyerah tanpa mengetahui seberapa dekat mereka dengan kesuksesan.
Yah, meskipun mendapatkan pembahasan soal UN tidak bisa dikatakan sebagai sebuah kesuksesan yang luar biasa, tetapi setidaknya, kamu sudah berusaha sendiri untuk mendapatkannya lewat buku-buku pelajaranmu!
Itu dia tiga cara agar kamu bisa mencari pembahasan soal UN tanpa harus melihat ke internet. Tetapi nih, kalau kamu sudah benar-benar mentok dan tidak bisa menemukan jawabannya di manapun, boleh lah kamu melihat ke internet, Quipperian! Tapi awas, jangan sampai kamu malah melihat hal yang lain-lain. Ingat tujuan utamamu membuka internet, yakni untuk mencari pembahasan soal UN, bukan untuk main.

sumber : https://video.quipper.com/id/blog/membahas-soal-un-tanpa-internet/

Tidak ada komentar: