Rabu, 27 Januari 2016

Soal Apa Saja yang Keluar di SBMPTN Kimia? Apakah Pelajaran dari Kelas 1?

Soal Apa saja yang Keluar di SBMPTN Kimia? Apakah dari Kelas 1 Sma?Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) jelas sangat beda sekali dengan Ujian Nasional (UN). Di UN, ada kisi-kisi yang sangat jelas dan detil, beda halnya dengan SBMPTN, sama sekali tidak ada kisi-kisi. Maka praktis yang harus kita lakukan adalah belajar. Masalahnya adalah, apabila kamu mengambil kelompok ujian Saintek, maka kamu akan menghadapi Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek), yang mana salah satunya adalah Kimia. Apa yang membuat Kimia ditakuti oleh banyak pelajar di Indonesia adalah karena ketika belajar Kimia, maka kamu tidak bisa sekedar hapalan. Selain hapalan, kamu juga harus paham konsep dasarnya. Kebanyakan dari kelas 1, mungkin kamu sudah lupa. Tapi jangan cemas dulu Quipperrian. Bagi kamu yang ingin mengulang pelajaran Kimia dari kelas 1, berikut kami berikan daftar materi yang harus kamu pelajari dari awal.

Struktur Atom

Istilah atom sudah ada sejak jaman Yunani kuno bahkan sebelum ilmu Kimia berkembang. Atom adalah partikel terkecil yang membangun materi. Bab Struktur Atom meliputi: Partikel Penyusun Atom (Elektron, Proton, dan Neutron), Nomor Atom dan Nomor Massa, Isotop, Isoton, Isobar, Massa Atom Relatif (Standar Massa Atom, Ar dan Mr),    Teori Atom (Model Atom Dalton, Model Atom Thompson, Model Atom Rutherford, Model Atom Bohr), Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi.

Sistem Periodik Unsur

Ada 118 unsur dengan sifat yang khas untuk setiap unsur. Maka untuk mempermudah mempelajari sifat-sifatnya, disusunlah unsur-unsur tersebut ke dalam sistem periodik. Bab ini meliputi: Perkembangan Sistem Periodik (Sistem Periodik Klasik dan Sistem Periodik Modern), Periode dan Golongan, Hubungan Konfigurasi Elektron dan Sistem Periodik, dan Beberapa Sifat Periodik Unsur (Jari-jari Atom, Energi Ionisasi, Afinitas Elektron, dan Keelektronegatifan).

Ikatan Kimia

Ikatan kimia merupakan ikatan yang menghubungkan atau menyatukan dua atau lebih unsur atau senyawa sehingga membentuk suatu senyawa yang baru. Bab ini meliputi: Kestabilan Unsur dan Konfigurasi Elektron, Ikatan Ion, Ikatan Kovalen (Ikatan Kovalen Tunggal, Ikatan Kovalen Rangkap, Ikatan Kovalen Koordinasi, Ikatan Kovalen Polar), Perbandingan Senyawa Ion dan Kovalen (Kemudahan Menguap, Daya Hantar Listrik, dan Kelarutan), Ikatan Logam dan Sifat-sifat Logam.

Rumus dan Persamaan Kimia

Persamaan kimia berfungsi untuk memudahkan dalam mempelajari dan memahami suatu reaksi kimia tertentu. Suatu persamaan kimia dinyatakan dengan suatu rumus kimia yang ditulis dengan lambang unsur dan senyawa. Materi-materi dalam Bab Rumus dan Persamaan Kimia ini yaitu: Tata Nama Senyawa Kimia (Tata Nama Senyawa Ion dan Tata Nama Senyawa Kovalen), Rumus Kimia (Rumus Empirik dan Rumus Molekul, dan Rumus Senyawa Ion), Persamaan Reaksi dan Contoh Reaksi Kimia.

Hukum-Hukum Dasar Kimia

Berdasarkan hukum-hukum dasar kimia, massa, volume, dan jumlah partikel zat yang terlibat dalam reaksi kimia dapat diukur dan ditentukan. Dengan demikian, kita dapat memprediksi banyaknya zat yang akan dihasilkan atau diperlukan dalam suatu reaksi. Materi-materi dalam bab ini meliputi: Hukum-hukum Dasar Kimia (Hukum Kekekalan Massa, Hukum Perbandingan Tetap, Hukum Perbandingan Berganda,  Hukum Perbandingan Volume, dan Hukum Avogadro), Konsep Mol (Tetapan Avogadro dan Definisi Mol dan Massa Molar dan Volume Molar), Perhitungan Kimia.

Larutan Elektrolit

Larutan elektrolit merupakan larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Materi–materi dalam bab ini meliputi: Pengertian Larutan dan Komposisi Larutan, Sifat Listrik Larutan (Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit dan Elektrolit Kuat dan Elektrolit Lemah).

Reaksi Redoks

Redoks merupakan gabungan dari kata reduksi dan oksidasi. Aplikasi reaksi redoks sangat penting bagi kehidupan. Reaksi redoks menghasilkan energi listrik yang siap pakai, seperti pada baterai dan aki. Materi–materi dalam bab ini meliputi: Pengertian Reaksi Reduksi dan Oksidasi berdasarkan Pengikatan Oksigen, Transfer Elektron, dan  Perubahan Bilangan Oksidasi, Aturan Bilangan Oksidasi, Aplikasi Reaksi Redoks/Sel Volta Komersial.

Hidrokarbon dan Minyak Bumi

Hidrokarbon merupakan salah satu senyawa karbon paling sederhana. Senyawa ini banyak yang menjadi komponen utama dari minyak bumi dan gas alam, salah satunya bensin. Materi–materi dalam bab ini meliputi: Kekhasan Atom Karbon, Atom C Primer, Sekunder, Tersier, dan Kuarterner, serta Identifikasi Karbon dan Hidrogen, Klasifikasi Hidrokarbon, Minyak Bumi (Pembentukan dan Eksplorasi, Komposisi, dan Pengolahan Minyak Bumi), Bensin dan Dampak Pemakaian Bensin.

disalin  dari : https://video.quipper.com/id/blog/soal-apa-saja-yang-keluar-di-sbmptn-kimia-apakah-pelajaran-dari-kelas-1/

Tidak ada komentar: