Rabu, 27 Januari 2016

9 Cara Lawan Godaan Kembali Merokok

FotoBerhenti merokok merupakan suatu capaian yang luar biasa. Pasalnya orang sudah kena rokok akan merasa sulit sekali untuk berhenti. Mereka seolah sudah kecanduan rokok yang menyebabkan berbagai penyakit ini.

Ketika sudah berhenti merokok pun, godaan dan tantangannya besar. Perlu ada niatan yang kuat dan aktivitas lain yang ampuh untuk membuat Anda lupa untuk merokok.

Berikut ini ada sejumlah tips yang bisa membantu orang yang sudah berhenti merokok untuk tetap konsisten untuk tidak melakukannya lagi : 

Minum air dingin dan makan makanan kecil

Minum air dingin melalui sedotan dapat membantu menggantikan tindakan mengisap rokok. Sebuah penelitian mengungkapkan hal tersebut juga melepaskan dopamine, sebuah zat kimia di otak yang dapat membantu menyelesaikan suasana hati yang sedang buruk.

Bukan hanya itu, makan makanan kecil juga bisa membantu Anda melewati dorongan untuk merokok. Pilih makanan yang rendah lemak dan sehat untuk menghindari kenaikan berat badan.

Catat capaian dari berhenti merokok

Anda tidak harus menunggu lama untuk memulai menikmati manfaat hidup bebas rokok. Buatlah sebuah daftar tertulis tentang hal baik di saat Anda mulai berhenti merokok.

Misalnya bagaimana Anda bsa mengontrol perasaan, menghemat uang, berbau lebih baik, mencicipi makanan lebih jelas dan perasaan lebih energetik. Ketika dorongan untuk kembali merokok menyerang, lihatlah daftar Anda sebagai peringatan atas apa yang Anda kerjakan dari merokok.

Sikat gigi Anda lebih sering

Salah satu dari capaian instan dari berhenti merokok adalah bahwa mulut Anda rasanya menjadi lebih baik dan bau napas Anda jadi lebih baik. Sikatlah lebih sering.

Hal itu akan membuat Anda cenderung mengurangi untuk menyalakan rokok. Anda juga sekaligus membersihkan bau busuk dan menggantinya dengan napas dan mulut yang segar.

Menghindari alkohol

Minum itu adalah salah satu hal yang paling umum yang membuat orang kembali merokok. Inilah mengapa jika Anda tidak dapat mengendalikan diri untuk minum alkohol, hal ini dapat mengikis komitmen untuk berhenti merokok. Banyak orang juga mengasosiasikan tindakan minum dengan merokok, sehingga dapat memicu Anda untuk menyalakan rokok.

Menemukan zona Anda tanpa rokok

Ketika dorongan untuk merokok mulai menyerang, pergi ke suatu tempat Anda dimana Anda tidak dapat menyalakan rokok. Misalnya ke sebuah biskop, perpustakaan, atau toko misalnya. Semakin mengganggu tempat ini, akan lebih mudah untuk menahan godaan merokok.

Ingatlah alasan Anda untuk berhenti merokok

Tulislah daftar semua alasan mengapa Anda berhenti merokok. Buatlah kopiannya dan tempel alasan-alasan itu dimanapun Anda menghabiskan waktu. Di dapur, di kantor, di samping kaca kamar mandi.

Letakkan kopian tersebut ditempat yang mudah terlihat, sehingga Anda bisa selalu mengingatnya. Beberapa mantan perokok mengatakan mereka menemukan hal yang bermanfaat dengab meletakkan foto keluarga mereka dan orang yang dicintainya.

Jadi aktif setiap hari

Ketika tubuh Anda aktif, maka itu akan mengirimkan kimia alami yang membantu memperbaiki suasana hati dan meringankan stres.

Berjalan adalah salah satu dari latihan mudah bagi kebanyakan orang. Pilih beberapa kegiatan yang berbeda yang mungkin bisa membantu Anda tetap termotivasi. Sisihkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik setiap hari, terutama di bulan pertama setelah Anda sudah berhenti merokok.

Isi kalendar Anda

Selama beberapa minggu pertama setelah Anda menendang kebiasaan merokok, isi hari Anda dengan hal-hal yang Anda inginkan atau butuhkan untuk dilakukan. Membuat rencana untuk makan makanan dengan keluarga atau teman, dan mencoba untuk mengendalikan godaan merokok.

Jika Anda sibuk, ini akan mengganggu Anda dari dorongan merokok.

Letakkan sesuatu di mulut Anda

Bagian dari dorongan untuk merokok adalah meletakkan sesuatu di mulut Anda. Di tempat rokok, ganti dengan permen karet bebas gula, permen keras, atau camilan sehat. Ketika Anda merasa seperti ingin menyalakan rokok.

Pastikan Anda memiliki sesuatu yang selalu bersama dengan Anda di setiap hari. Jika Anda khawatir tentang naiknya berat badan, maka pilihlah makanan camilan yang rendah kalori.

Tidak ada komentar: