Kamis, 02 April 2015

Ilmuwan Berhasil Ubah Telur Rebus Kembali Jadi Telur Mentah

Sejumlah ilmuwan di University of California (UCI), Amerika Serikat berhasil menemukan cara untuk mengubah telur rebus kembali menjadi telur mentah. Hasil penelitian para alhi kimia dan biologi molekular itu diterbitkan dalam jurnal ChemBioChem pekan lalu.

"Ya, kami telah menemukan cara untuk mengubah telur rebus menjadi telur mentah," kata Gregory Weiss, salah satu peneliti UCI.


Weiss dan timnya, dalam penelitian itu, menggelar eksperimen dengan merebus sebutir telur dalam air bersuhu 195 derajat Farenheit atau sekitar 90 derajat Celcius selama 20 menit. Setelah telur itu matang, mereka memisahkan putih telur dan mengubahnya kembali menjadi cairan mirip lendir pada telur mentah.

Weiss mengatakan bahwa ketika telur direbus, bentuk protein dalam putih telur berubah, dari yang berbentuk gumpalan-gumpalan menjadi untaian yang kusut dan kaku.

Untuk mengubah wujud kaku tadi menjadi cairan kental seperti ketika belum direbus, Weiss dan timnya mencampurkan sebuah zat kimia pada putih telur agar berubah kembali dalam bentuk cair. Mereka lalu memasukkan cairan itu ke dalam sebuah alat yang disebut "vortex fluid device". Alat itu yang kemudian mengurai susunan atau untaian protein yang kusut tadi.

Objek utama dalam penelitian itu sebenarnya bukan telur, tetapi proteinnya. Keberhasilan mengurai protein yang kusut bisa menjadi terobosan penting dalam ilmu pengetahuan, khususnya ilmu kesehatan.

Menurut Weiss temuannya itu bisa membantu para penderita kanker, karena teknik yang dia temukan itu bisa memudahkan pembuatan obat atau serum antikanker di dunia. (LA Times)

Tidak ada komentar: