Sabtu, 19 April 2014

Planet Asing Mirip Bumi Ditemukan

Ilustrasi planet mirip bumi. (Shutterstock)Sebuah planet yang diklaim sangat mirip dengan Bumi akhirnya ditemukan. Planet yang dinamai Kepler 186f itu disebut-sebut identik dengan planet yang kita huni ini dalam beberapa aspek.
Menurut laporan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Kepler 186f memiliki ukuran hampir sama dengan Bumi. Jarak Kepler 186f dengan mataharinya juga dilaporkan sesuai dengan syarat planet untuk bisa dihuni. Jarak tersebut memungkinkan tersedianya air di permukaan planet tersebut.
Sebelum Kepler 186f ditemukan, sudah banyak
planet lain yang ditemukan dan kesemuanya diklaim mirip bumi. Namun, planet-planet tersebut ada yang terlalu panas, ada pula yang berukuran lebih besar dari Bumi kita. Menurut NASA, Kepler 186f hanya 10 persen lebih besar dari Bumi.
Kepler 186f berputar selama 130 hari mengelilingi bintang kerdil berspektrum M. Spektrum bintang itu lebih kecil dibandingkan dengan spektrum bintang yang dikelilingi Bumo kita, Matahari. Matahari diketahui memiliki spektrum G.
Energi yang diterima Kepler 186f dari mataharinya hanyalah sepertiga dari energi yang diterima Bumi dari Matahari. Pijar matahari tersebut di tengah hari setara dengan pijar Matahari kita menjelang senja.
Kendati demikian, belum diketahui apa komposisi dari Kepler 186f. Menurut profesor Victoria Meadows dari Virtual Planetary Laboratory, belum ada bukti yang mengatakan bahwa planet itu memiliki atmosfer, syarat utama penopang kehidupan di planet.
Sayangnya, Kepler 186f berjarak 500 tahun cahaya dari Bumi. Untuk itu, ekspedisi ke planet tersebut tentu belum mungkin dilakukan untuk saat ini. Hingga saat ini, belum ada teknologi canggih yang bisa digunakan untuk menempuh jarak sejauh itu hanya dalam waktu singkat.

sumber : suara.com

Tidak ada komentar: