Selasa, 28 Mei 2013

Wow, Remaja 18 Tahun Ciptakan Baterai Isi Ulang Tercepat


Wow, Remaja 18 Tahun Ciptakan Baterai Isi Ulang Tercepat - Jika biasanya sebuah baterai ponsel membutuhkan waktu satu jam untuk mengisi daya beterai ponsel modern. Tapi seorang remaja putri 18 tahun berhasil menciptakan sebuah teknologi yang bisa membuat  daya baterai ponsel terisi penuh hanya dalam waktu 30 detik.
Remaja itu adalah Eesha Khare, seorang keturunan India-Amerika. Ia membuat sebuah alat super-kapasitor yang menggunakan struktur nano khusus. Khare menjelaskan, alat tersebut berfungsi penyimpan energi dalam jumlah besar meskipun ruangnya kecil.

Dilansir dari Mashable, jika penemuan inovatif ini dijadikana sebagai salah satu komponen baterai smartphone atau tablet, maka ia dapat mengisi penuh daya baterai perangkat tersebut dalam waktu 20 hingga 30 detik.
“Hal ini dapat mengisi daya sangat cepat, dan dapat bertahan selama 10.000 siklus. Jauh dibandingkan dengan 1.000 siklus baterai biasa,” tutur Khare.
Selain baterai ponsel, alat yang dikembangkan Khare juga bisa dipakai dalam perangkat elektronik lain seperti komputer jinjing atau kendaraan listrik. Karena banyaknya ciptaanya kini, Khare menjadi pemenang Intel International Science and Engineering Fair 2013 pada 17 Mei lalu di Phoenix, Arizona dan mendapat uamng tunai US$ 50 ribu.
Siswa dari Lynbrook High School, San Jose, California, ini mengaku akan terus melakukan penelitian ilmiah.

Tidak ada komentar: