Sabtu, 06 Februari 2016

9 Jurusan SBMPTN dengan Kuliah yang Menjanjikan!

9 Jurusan SBMPTN dengan Kuliah yang Menjanjikan!Selain menentukan Perguruan Tinggi Negeri mana yang ingin kamu masuki, ada satu hal lain yang juga penting lho Quipperian. Hal tersebut adalah menentukan jurusan kuliah. Nah, agar saat pendaftaran SBMPTN sudah dibuka kamu tidak bingung, mulai sekarang, tentukan jurusan mana yang ingin kamu pilih. Menentukan jurusan kuliah ini penting untuk masa depanmu lho. Jangan sampai setelah masuk kuliah, kamu merasa salah jurusan. Wah bisa gawat.
Nah, agar kamu tidak bingung, coba lihat beberapa pilihan jurusan yang berpotensial berikut ini.

 1. Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Siapa yang tidak tahu sama jurusan ini? Jurusan ini masih tergolong langka lho di Indonesia. Tapi jangan salah, meskipun masih sedikit universitas yang membuka jurusan ini, peluang kerjanya tetap besar kok. Apalagi kamu pasti berkesempatan bekerja di perusahaan minyak dan tambang baik di luar negeri maupun dalam negeri yang terkenal dengan gaji yang cukup besar. Kamu bisa menemukan jurusan kuliah perminyakan dan pertambangan di Institut Teknologi Bandung, Universitas Sriwijaya dan Universitas Hasanuddin.

 2. Kedokteran

Ini nih salah satu jurusan yang selalu jadi primadona setiap tahun dalam SBMPTN. Hal ini terjadi karena bidang kedokteran memang selalu dibutuhkan. Tapi, untuk masuk ke jurusan kedokteran tidaklah mudah. Seperti yang sudah dikatakan tadi, bahwa peminat jurusan ini cukup banyak. Maka dari itu, kamu harus siap bersaing dan belajar dengan giat. Beberapa universitas yang membuka jurusan kedokteran adalah Universitas Indonesia, Universitas Sriwijaya, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin dan Universitas Udayana.

 3. Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika juga merupakan salah satu jurusan yang berpotensial lho Quipperrian. Pasalnya perkembangan teknologi saat ini sangat pesat sehingga banyak sekali dicari orang-orang yang ahli di bidang ini. Selain memiliki kesempatan kerja yang besar, gaji di bidang IT juga lumayan menggiurkan lho. Nah, kalau kamu mau kuliah di jurusan Teknik Informatika, kamu bisa daftar di Intitut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Soedirman, Universitas Hasanuddin dan masih banyak yang lainnya.

 4. Teknik Mesin

Untuk kamu yang memiliki minat utak-atik mesin, sepertinya kuliah di jurusan Teknik Mesin cocok sekali buatmu. Di jurusan ini kamu akan belajar konstruksi dan perancangan kerangka mesin. Tapi jurusan ini juga termasuk salah satu jurusan yang paling banyak diminati lho. Jadi untuk bisa masuk Teknik Mesin tidaklah mudah.  Jurusan Teknik Mesin ini bisa kamu temui di Universitas Sriwijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Cendrawasih.

 5. Akuntansi

Nah, untuk kamu yang tidak memilih jurusan IPA di SBMPTN,salah satu jurusan IPS yang menjanjikan adalah Akuntansi. Pasalnya, jurusan ini memiliki kesempatan dan peluang kerja yang banyak sekali. Lihat deh, mulai dari perusahaan kecil hingga perusahaan raksasa pasti butuh yang namanya akuntan untuk mengurusi masalah keuangan. Jadi tidak heran ya kalau Akuntansi merupakan jurusan yang menjanjikan. Kamu bisa menemui jurusan ini di hampir semua universitas yang ada di Indonesia.

 6. Psikologi

Mau jadi dokter tapi bukan anak IPA? Tenang, Quipperian. Kamu bisa memilih jurusan Psikologi. Di jurusan ini kamu akan belajar tenang perilaku manusia. Dan Psikologi itu luas sekali lho. Kamu bisa jadi trapis, konselor psikologi dan kerja di RSJ. Tapi kamu juga tetap bisa kok nantinya kerja di perusahaan dengan menjadi konsultan atau HRD. Atau bisa juga bekerja di sekolah-sekolah, dan menjadi guru BP. Tuh kan, terbukti kalau jurusan Psikologi pasti dibutuhkan di mana-mana.

 7. Ilmu Komunikasi

Buat kamu yang suka berbicara di depan umum atau punya tingkat kepercayaan diri yang tinggi, sepertinya jurusan Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang cocok buatmu. Di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana cara menyampaikan sesuatu kepada orang lain. Kesempatan kerja untuk lulusan jurusan ini juga luas sekali lho Quipperian. Kamu bisa bekerja di bidang broadcasting, advertising, atau public relations. Kamu bisa menemukan jurusan ini di Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surakarta, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada.

 8. Hukum

Nah ini nih jurusan yang memiliki jumlah mahasiswa terbanyak. Ketahuan kan kenapa punya mahasiswa banyak? Soalnya, jurusan Hukum memang memiliki potensi yang bagus lho. Ternukti dari hasil survei, hokum termasuk salah satu jurusan dimana lulusannya mudah memperoleh pekerjaan. Kuliah di jurusan Hukum bukan berarti harus bekerja di pengadilan dan sejenisnya, Quipperian. Kamu juga bisa kok bekerja di perusahaan biasa dengan menjadi legal officer.

 9. Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual atau DKV merupakan cabang dari ilmu desain yang mempelajari bagaimana cara menyampaikan pesan melalui cara yang kreatif. Biasanya dalam bentuk iklan, logo, film dan sebagainya. Nah, saat ini jurusan DKV memang sedang banyak dibutuhkan. Hal itu dikarenakan perkembangan teknologi saat ini. Lihat saja, ada banyak iklan diluar sana dengan desain yang menarik sehingga dapat menggaet pelanggan. Kamu bisa menemukan jurusan DKV di Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Institut Teknologi Bandung.

Tidak ada komentar: