Kamis, 26 Februari 2015

Gerhana Matahari Total Akan Membuat Inggris Gelap Gulita


Gerhana matahari total yang akan terjadi bulan depan dipastikan membuat Inggris Raya gelap gulita. Langit akan tertutup dan aliran listrik juga akan terpengaruh. Gerhana matahari akan menutup 90 persen sinar matahri di sebagian besar Eropa.

Angka terbesar terjadi di Skotlandia di mana 94 persen sinar matahari akan tertutup. Persedian listrik kemungkinan besar juga akan terpengaruh karena cadangan energi di Eropa kini sudah mengandalkan sinar matahari.



Gerhana matahari ini akan menjadi yang paling ekstrem sejak 1999. Ketika itu, hanya 0,1 persen energi terbarukan yang berasal dari sinar matahari. Saat ini, jumlahnya sudah mencapai 10,5 persen.

“Gerhana matahari sudah pernah terjadi sebelumnya. Namun, karena semakin meningkatnya persedian energi dari sinar matahari maka harus dilakukan tindakan khusus guna mengantisipasi terjadinya insiden yang serius,” demikian keterangan dari European Network Transmission System Operation for Electricity.

Mati listrik akibat gerhana matahari akan terjadi pada 20 Maret. Di Inggris Raya, gerhana matahari akan dimulai pada pukul 8.45 am dan berakhir pada 10.41 am. Gerhana matahari total terjadi terakhir kali pada Agustus 1999.

Tidak ada komentar: