Selasa, 25 November 2014

Baterai Ponsel Baru, Diisi Penuh dalam 30 Detik

Manfaatkan teknologi nano.


Sebuah perusahaan di Israel mengklaim berhasil menciptakan sebuah baterai baru untuk telepon seluler yang bisa diisi ulang hingga penuh hanya dalam hitungan detik. Teknologi itu juga bisa dimanfaatkan untuk baterai mobil listrik yang bisa diisi penuh hanya dalam beberapa menit.


Memanfaatkan teknologi nano, StoreDot yang berpusat di Tel Aviv, berhasil menciptakan baterai yang bisa menyerap listrik lebih cepat. Cara kerja baterai itu mirip spons, yang bisa menyerap listrik lebih cepat dan punya kapasitas penyimpanan lebih besar.

Baterai baru itu, yang diklaim bisa diisi penuh dalam 30 detik, masih dalam bentuk prototipe dan masih terlalu tebal untuk ponsel. Rencananya baterai itu akan siap rampung dan siap dipasarkan pada 2016.

"Kami menggunakan material baru, yang belum pernah diciptakan sebelumnya," kata Doron Myersdorf, pendiri dan direktur eksekutif StoreDot, perusahaan yang salah satu investornya adalah pemilik klub Chelsea, Roman Abramovich.

Baterai baru itu menggunakan teknologi "nanodots", yang menurut StoreDot adalah molekul peptida bio-organik. Nanodots mengubah baterai, sehingga bisa menyerap dan menyimpan listrik lebih cepat.

Myersdorf berharap baterai bikinan perusahaanya itu bisa digunakan juga untuk baterai mobil listrik, yang sejauh ini butuh waktu belasan jam agar bisa diisi penuh. (Reuters)

Tidak ada komentar: