Minggu, 08 Maret 2020

Model-model Pembelajaran

Hasil gambar untuk model - model pembelajaranModel ada beberapa macam, sedangkan pembelajaran adalah sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar, atau dapat juga diartikan suatu pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Jadi, sebenarmya model pembelajaran memiliki arti yang sama dengan pendekatan, strategi atau metode pembelajaran. 
Model pembelajaran sangat memudahkan para pendidik dalam melaksanakan pembelajaran dikelas karena dapat memilih model pembelajaran seperti apa yang harus diterapkan dikelas dengan siswa-siswa yang seperti ini, sehingga pendidik juga harus mengerti atau memahami model-model pembelajaran untuk dipraktekan. Macam-macam model Pembelajaran yang dapat dipilih oleh Pendidik antara lain:

Pembelajaran Kimia Abad 21

Hasil gambar untuk pembelajaran kimia abad 21Perkembangan dalam dunia pendidikan abad 21 harus sejalan dengan perkembangan teknologi, sosial, ekonomi dan politik. Begitu pula dalam membelajarakan kimia. Untuk mengembangkan pembelajaran abad 21, guru harus memulai satu langkah perubahan yaitu merubah pola pembelajaran tradisional yang berpusat pada guru menjadi pola pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pola pembelajaran yang tradisional bisa dipahami sebagai pola pembelajaran dimana guru banyak memberikan ceramah sedangkan siswa lebih banyak mendengar, mencatat dan menghafal. Untuk mampu mengembangkan pembelajaran abad 21 ini ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan yaitu antara lain : 

Sabtu, 07 Maret 2020

Building Learning Commitment

Hasil gambar untuk 5. Building Learning Commitment (BLC)Building Learning Commitment  (BLC) atau Membangun Komitmen Belajar merupakan salah satu materi penunjang dalam setiap pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan.  Walaupun BLC merupakan materi penunjang dalam sebuah pelatihan, tetapi materi BLC sangat diperlukan dalam mengawali suatu proses pelatihan. Artinya, jika materi BLC dapat diaplikasikan dengan baik oleh fasilitator/widyaiswara maka proses kegiatan pelatihan dapat berjalan efektif dan mencapai tujuan pelatihan secara optimal.
Secara garis besar fasilitasi materi BLC melalui proses pembelajaran akan melalui beberapa tahapan yang dimulai dari perkenalan; pencairan (ice breaking); kesepakatan dan harapan yang ingin dicapai; norma kelas dalam pembelajaran; serta kontrol kolektif dalam pelaksanaan norma kelas. Hasil belajar atau tujuan umum dari materi BLC adalah agar peserta mampu berperilaku positif untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif selama proses pelatihan.

Sabtu, 29 Februari 2020

Hasil gambar untuk UTUL UGMSoal dan Pembahasan UTUL UGM Matematika Saintek 7 Tahun terakhir!
1. UTUL UGM Matematika IPA 2019 [https://bit.ly/2QqPX92]

2. UTUL UGM Matematika IPA 2018 [http://gg.gg/UTULUGMSaintek2018].

3. UTUL UGM Matematika IPA 2017 [http://gg.gg/UTULUGMSaintek2017].