Rabu, 23 Januari 2019

SOAL KIMIA HOTS


KARTU  SOAL
Mata Pelajaran          : KIMIA
Kelas/Semester         : XI/3
Kurikulum                  : K-13

Kompetensi Dasar
:
Menalar dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta mengajukan gagasan cara mengatasinya.
Materi
:
Dampak pembakaran bahan bakar  dan cara megatasinya.
Indikator Soal
:
Disajikan teks proses terjadinya hujan asam peserta didik dapat menentukan penyebab terjadinya hujan asam.
Level Kognitif
Bentuk soal
:
:
Penalaran (C3).
Pilihan Ganda

Soal:
Air murni mempunyai pH = 7 (netral). Kenyatannya secara alamiah air hujan yang belum tercemar mempunyai pH sekitar 5,6. Keasaman ini secara alamiah disebabkan oleh adanya gas CO2, NO dan SO2 yang ada dilapisan troposfir. Hujan asam adalah hujan yang kadar keasamannya di bawah 5,6. Hujan asam disebabkan oleh pembakaran bahan bakar fosil  dengan oksigen dari udara pada mesin-mesin industri maupun kendaraan bermotor menhasilkan oksida belerang dan oksida nitrogen. Oksida ini berdifusi ke atmosfir berekasi oksigen dan selanjutnya bereaksi dengan air hujan membentuk asam sulfat dan asam nitrat. Air hujan yang bersifat asam tersebut dapat merusak bangunan, monumen, logam, dan dapat meningkatkan kadar keasaman tanah serta air permukaan. Hal ini dapat   dapat menggangu kehidupan air dan tanaman. Mengapa pembakaran bahan bakar fosil dapat menghasilkan oksida sulfur dan oksida nitrogen yang akan membentuk hujan asam yang mengandung asam sulfat dan asam nitrat? ( sumbe gambar : http://pengertianku.net )


A.    Karena bahan bakar fosil mengandung nitrogen dan sulfur yang akan bereaksi dengan oksigen bersama bahan bakar di dalam mesin
B.    Karena udara mengandung sulfur dan nitrogen yang akan bereaksi dengan oksigen bersama bahan bakar di dalam mesin
C.   Karena bahan bakar fosil mengandung sulfur dan udara mengadung nitrogen yang akan bereaksi dengan oksigen bersama bahan bakar di dalam mesin.
D.   Karena bahan bakar fosil mengandung nitrogen dan udara mengadung sulfur yang akan bereaksi dengan oksigen bersama bahan bakar di dalam mesin.
E.    Karena bahan bakar fosil mengandung oksida sulfur dan oksida yang akan keluar bersama hasil pembakaran bahan bakar fosil

Kunci/Pembahasan : C
Bahan bakar fosil mengandung  sulfur yang akan ikut tebakar bersama bahan bakar tersebut menghasilkan sulfur dioksida (SO2) yang akan bereaksi dengan air menghasilkan asam sulfat.

Udara mengandung nitrogen dan oksigen yang tidak dapat bereaksi. Dua zat ini akan bereaksi pada suhu tinggi di dalam mesin pada saat terjadi pembakaran bahan bakar, sehingga pembakaran bahan bakar yang mengandung sulfur mengasilkan gas CO2, uap air, oksida belerang dan oksida nitrogen. Oksida belerang dan oksida nitrogen inilah yang akan membentuk hujan asam.

Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena mengukur kemampuan peserta didik dalam:
1)    menganalisis dampak pembakaran senyawa hidrokarbon,
2)    menganalisis hubungan dampak pembakaran senyawa hidrokarbon, oksida sulfur dan oksida nitrogen,
3)    hubungan antara hujan asam yang mengandung asam sulfat dan asam nitrat.

Tidak ada komentar: