Sabtu, 19 November 2016

PEMBELAJARAN KIMIA MENYENANGKAN 3 (POINT to POINT BREAK (Session 2)



POINT to POINT BREAK  (Session 2)
(Susanto Chimi)

Pembelajaran kali ini tetap menggunakan model diskusi kompetisi individu. Masing masing individu (siswa) saling memberikan pertanyaan kepada siswa yang lain dengan konsekuensi siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan harus turun di tempat isolasi sampai salah satu permainan berakhir. Berikut prosedur pembelajaran model point to point break (Session 2).

1.  Menyiapkan pembelajaran pada pertemuan sebelumnya dengan meminta siswa membuat pertanyaan dan sekaligus jawaban masing-masing siswa minimal 10 soal dan jawaban
2.  Pada Pelaksanaan Pembelajaran. Membagi menata ruangan kelas bentuk O atau U seperti gambar dan menyiapkan tempat isolasi untuk siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan.


 








3.  Sebelum permainan dimulai, guru membacakan aturan permainan kepada siswa:
a.   Waktu mulai memberikan pertannyaan adalah + 15 detik dimulai dari kesempatan memberikan pertanyaan. Dan menanggapi pertanyaan sekaligus menjawab pertanyaan jika kelompok lain menjawab atau tidak bisa menjawab pertanyaan. Penjelasan jawaban yang tidak tepat/sesuai dengan pertanyaan mengakibatkan harus turun di tempat isolasi.
b.  Waktu menjawab pertanyaan + 15 detik dimulai dari penanya mengakhiri pertanyaan. Jika pihak yang menjawab tidak bisa menjawab pertanyaan maka secara otomatis akan turun ke tempat isolasi.
c.   siswa yang berada ditempat isolasi, dapat kembali ke semula jika dapat menggantikan siswa lain menjawab pertanyaan.
4.  Permainan dimulai dengan ditandai “penanda tanggal-absen atau yang lain” dengan memberikan pertanyaan kepada siswa lain.
5.  Pertanyaan segera di nyatakan setelah siswa mendapat bagian bertanya, dan menggapinya setelah siswa yang lain menjawabnya.
6.  Pertanyaan akan berpindah jika siswa lain dapat/bisa menjawab atau siswa penanya tidak dapat menjelaskan/menanggapi jawaban secara tepat.
7.  Berpendahnya permainan (siswa bertanya)
1.   Jika siswa yang menjawab pertanyaan bis amenjawab dengan baik dan benar, secara otomatis permainan akan berpindah kepada siswa tersebut (penanya berikutnya)
2.   Jika siwa yang ditanya tidak bias menyawab, yang bertanya selanjutnya adalah yang ada di sebelak kanan penanya. Dan seterusnya.
8.  Permainan akan di akhiri jika salah satu seluruh siswa habis dan berpindah ke tempat isolasi dan menyisakan 1 siswa sebagai pemenang. Rekan guru juga bias mengakhirinya jika masih tersisa 10 siswa atau 3.
Pembelajaran ini hasil pemikiran dan inovasi yang di lakukan penulis, mohon masukan dan kritikan rekan rekan guru. Hal-hal yang belum jelas bisa didiskusikan dengan kami HP 081217903434

Tidak ada komentar: