POINT
to POINT BREAK (Session 2)
(Susanto
Chimi)
Pembelajaran kali ini
tetap menggunakan model diskusi kompetisi individu. Masing masing individu
(siswa) saling memberikan pertanyaan kepada siswa yang lain dengan konsekuensi siswa
yang tidak bisa menjawab pertanyaan harus turun di tempat isolasi sampai salah
satu permainan berakhir. Berikut prosedur pembelajaran model point to point break (Session 2).
1. Menyiapkan
pembelajaran pada pertemuan sebelumnya dengan meminta siswa membuat pertanyaan
dan sekaligus jawaban masing-masing siswa minimal 10 soal dan jawaban
2. Pada
Pelaksanaan Pembelajaran. Membagi menata ruangan kelas bentuk O atau U seperti gambar
dan menyiapkan tempat isolasi untuk siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan.
3. Sebelum
permainan dimulai, guru membacakan aturan permainan kepada siswa:
a. Waktu
mulai memberikan pertannyaan adalah + 15 detik dimulai dari kesempatan
memberikan pertanyaan. Dan menanggapi pertanyaan sekaligus menjawab pertanyaan
jika kelompok lain menjawab atau tidak bisa menjawab pertanyaan. Penjelasan
jawaban yang tidak tepat/sesuai dengan pertanyaan mengakibatkan harus turun di tempat
isolasi.
b. Waktu
menjawab pertanyaan + 15 detik dimulai dari penanya mengakhiri
pertanyaan. Jika pihak yang menjawab tidak bisa menjawab pertanyaan maka secara
otomatis akan turun ke tempat isolasi.
c. siswa
yang berada ditempat isolasi, dapat kembali ke semula jika dapat menggantikan
siswa lain menjawab pertanyaan.
4. Permainan
dimulai dengan ditandai “penanda tanggal-absen atau yang lain” dengan
memberikan pertanyaan kepada siswa lain.
5. Pertanyaan
segera di nyatakan setelah siswa mendapat bagian bertanya, dan menggapinya
setelah siswa yang lain menjawabnya.
6. Pertanyaan
akan berpindah jika siswa lain dapat/bisa menjawab atau siswa penanya tidak
dapat menjelaskan/menanggapi jawaban secara tepat.
7. Berpendahnya
permainan (siswa bertanya)
1. Jika
siswa yang menjawab pertanyaan bis amenjawab dengan baik dan benar, secara
otomatis permainan akan berpindah kepada siswa tersebut (penanya berikutnya)
2. Jika
siwa yang ditanya tidak bias menyawab, yang bertanya selanjutnya adalah yang
ada di sebelak kanan penanya. Dan seterusnya.
8. Permainan
akan di akhiri jika salah satu seluruh siswa habis dan berpindah ke tempat
isolasi dan menyisakan 1 siswa sebagai pemenang. Rekan guru juga bias mengakhirinya
jika masih tersisa 10 siswa atau 3.
Pembelajaran ini
hasil pemikiran dan inovasi yang di lakukan penulis, mohon masukan dan kritikan
rekan rekan guru. Hal-hal yang belum jelas bisa didiskusikan dengan kami HP
081217903434
Tidak ada komentar:
Posting Komentar