Sabtu, 16 November 2013

Kenalan dengan Lemato, Buah Hasil 'Perkawinan' Lemon Dan Tomat!

Kenalan dengan Lemato, Buah Hasil 'Perkawinan' Lemon Dan Tomat! Lemon dan tomat jadi jenis buah-buahan yang kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik bagi tubuh. Selain itu kedua buah ini juga kerap digunakan sebagai bahan makanan ataupun membuat minuman segar. Ingin mendapatkan kedua buah tersebut dalam satu buah saja? Ternyata telah diciptakan buah unik perpaduan keduanya loh!
Peneliti dari Israel melakukan percobaan untuk mengkuti tren perpaduan dua buah menjadi satu. Penelitian ini berhasil menciptakan lemato, buah unik hasil rekayasa genetika dari lemon dan juga tomat. Lemato juga memiliki aroma mawar, geranium dan juga serai.

Seperti dijelaskan oleh Efraim Lewinsohn dan timnya dari Newe Yaar Research Centre seperti dikutip dari Nwrage.org, tomat transgenik ini dibuat dari percampuran beberapa gen termasuk jenis lemonh basil, ocimum, yang menghasilkan enzim aroma yang disebut sentase geraniol atau aroma bunga geranium.
Lemato sendiri tidak berwarna merah pekat seperti tomat pada umumnya, mereka lebih memilik warna merah terang. Hal ini karena lemato hanya memiliki kandungan likopen setengah dari tomat pada umumnya. Namun lematto memiliki terpenoid dan antimicrobial sebagai zat anti jamur. Sehingga untuk menanamnya tak butuh banyak pestisida.
Namun sayangnya lemato tak dijual di pasaran karena belum pasti dampak yang ditimbulkan dari buah transgenik terhadap lingkungan dan kesehatan. Wah, unik sekali ya buah satu ini Dreamers, bagaimana ya bila buah ini nantinya beredar di pasaran?

Tidak ada komentar: