Rabu, 27 Februari 2013

Tips Membangkitkan motivasi belajar KIMIA




Halo, apakah Anda suka pelajaran Kimia? Tik… tok… tik… tok…
            Anda boleh sajah tidak setuju dengan pernyataan bahwa Kimia itu mudah dan asyik di pelajari karena kenyataannya banyak siswa yang mendapat nilai jelek pada saat ulangan kimia. Benarkah kimia itu sulit? Jika ada yang menganggap kimia itu sulit maka tentu ada yang salah. Nah, marilah kita cari tahu. Jika sampai saat ini anda merasa kesulitan mempelajari kimia, coba coba perhatikan beberapa tips sukses belajar Kimia berikut ini.
1.      Katakan: saya suka kimia
Ya, katakana saya suka kimia, itulah kalimat pertama dan utama yang harus anda tanamkan dalam lubuk hati yang paling dalam. Rasa suka terhadap Kimia akan membangkitkan energy anda untuk belajar kimia dengan sungguh-sungguh sehinggah anda memperlakukan Kimia sebagaimana belahan jiwa anda. Rasa selalu rindu untuk belajar kimia dan tidak bosan-bosan untuk mempelajari Kimia.
2.      Pahami konsepnya
Hafal suatu konsep itu perlu, akan tetapi, memahami konsep itu lebih penting. Jika anda hanya hafal suau konsep maka akan mudah lupa. Namun, jika anda memahami konsep maka konsep itu tidak mudah hilang dalam ingatan sehingga anda dengan mudah “memanggil kembali” ketika menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan konsep tersebut.
3.      Ingat-ingat rumus Kimia
Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa rumus kimia memang harus di luar kepala. Tentu tidak sekadar menghafal rumus-rumus itu, tetapi memahami prinsip dasar dari rumus tersebut. Kalau anda sekadar menghfal rumus, anda akan menemukan kesulitan saat rumus itu mengalami “modifikasi” untuk keperluan pemecahan soal-soal terentu.
4.      Perbanyak latihan soal
“Leaning by doing” itulah cara yang tepat untuk mengasa keterampilan mengerjakan soal-soal kimia. Meskipun anda hafal prinsip dasar dan rumus kimia, tetapi jika jarang berlatih mengaplikasikan rumus rumus tersebut, jangan harap anda mahir mengerjakan soal-soal kimia. Sering-seringlah berlatih mengerjakan soal-soal kimia untuk keterampilan memecahkan permasalahan-permasalahan Kimia.
5.      Carilah pembimbing yang tepat
Tiadaklah sesuatu yang tabu jika anda harus mencari pembimbing karena belum menguasai suatu materi. Carilah pembimbing yang tept, yang menguasai betul tentang permasalahan yang anda hadapi. Tidak salah juga jika anda mendatangkan guru rivat dirumh atau belajar di bimbingan belajar.

Tidak ada komentar: