Rabu, 30 Maret 2016

7 Informasi Terbaru Ujian Nasional 2016 yang Kamu Belum Tahu Sebelumnya!


Pada tanggal 4 April 2016 nanti, UN utama untuk murid kelas XII SMA mulai digelar. Beberapa minggu sebelumnya, tepatnya pada tanggal 22 Februari 2016, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan UN perbaikan bagi peserta UN tahun lalu. Sedangkan, UN perbaikan untuk peserta tahun ini akan diadakan pada bulan Juni atau September 2016.
7 Informasi Terbaru Ujian Nasional 2016 Kamu tentu sudah mengetahui bahwa UN tahun ini diselenggarakan dengan berbasis komputer, atau yang disebut sebagai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Jadi, kamu tidak perlu lagi repot-repot mengisi lingkaran hitam untuk menjawab tiap soal. Sudah sejauh mana persiapan kamu, Quipperian? Selain mempelajari materi dari kisi-kisi, kamu juga tidak boleh ketinggalan informasi terbaru tentang UN 2016 nanti.

Menekankan Prinsip Kejujuran

Sudah bukan menjadi cerita baru bahwa UN masih dianggap sebagai momok oleh para murid SMA, tidak peduli sudah berapa kali teknis dan sistemnya mengalami perubahan. Untuk itu, pada UN 2016, nilai tidak lagi menjadi tujuan utama yang harus dicapai. Kejujuranlah yang akan lebih diutamakan. Itulah mengapa Kemendikbud memutuskan untuk mengubah sistemnya menjad UNBK. Dengan begitu, terjadinya kecurangan dapat dihindari, seperti adanya kebocoran soal hingga munculnya joki-joki UN. Anggaran pemerintah pun juga berkurang secara drastic. Namun, kamu tidak perlu khawatir, Quipperian. Hasil UN nanti tidak akan menentukan kelulusan, kok, tetapi tetap akan berpengaruh terhadap kelanjutan studi kamu.

Penggunaan Token untuk UNBK

Jika kamu bisa dengan mudah membuka dan membolak-balik soal pada UN berbasis kertas, soal-soal pada UNBK hanya bisa dibuka setelah menggunakan token. Token tersebut hadir dalam bentuk password yang hanya dipegang oleh operator dalam ruangan ujian. Jadi, ia adalah satu-satunya orang di ruangan tersebut yang mampu membuka halaman soal. Jika sudah terbuka, kamu bisa langsung mengerjakannya. Setiap satu halaman komputer hanya akan memuat satu soal, jadi kamu bisa lebih fokus dalam mengerjakan, deh, Quipperian.

Soal Tidak Mengacu pada Gaya Mengajar

Meskipun ada dua kurikulum yang diterapkan pada pendidikan SMA, yakni KTSP dan K-13, namun kamu tidak perlu mempelajari keduanya sekaligus. Melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Pemerintah telah mengeluarkan kisi-kisi yang materinya dipelajari pada dua kurikulum tersebut. Pada suatu wawancara, Anies Baswedan selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menyatakan bahwa berdasarkan hasil kajian BSNP, Balitbang Kemendikbud, Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemendikbud, serta kepala sekolah penyelenggara KTSP dan K-13, persamaan materi pada dua kurikulum tersebut mencapai 95%. Persamaan tersebut terlihat pada Standar Kompetensi Kelulusan (SKL), sedangkan perbedaanya terletak pada gaya mengajar. Namun, pembuatan soal UN tidak mengacu pada gaya mengajar, melainkan merujuk pada SKL. Jadi, tidak ada yang perlu kamu khawatirkan, Quipperian.

Bekerja Sama dengan Google

Dengan adanya sistem UNBK, Indonesia dituntut untuk meningkatkan infratruktur teknologi agar tidak menimbulkan kesenjangan antara peserta UN di kota-kota besar dengan daerah pelosok. Oleh sebab itu, pemerintah telah bekerja sama dengan Google dan Intel untuk mengadakan program percontohan pelaksanaan UNBK di daerah-daerah terpencil di Indonesia. Google dan Intel akan fokus pada tiga daerah terpencil, yakni kepulauan, daerah di tengah hutan dalam pulau besar, dan daerah dekat pegunungan. Program ini juga dihubungkan dengan proyek Google Loon yang rencananya akan segera terbang mengitari Indonesia untuk menyebarkan koneksi internet cepat. Sementara, pihak Intel akan menyediakan perangkat untuk membangun infrastrultur pada daerah-daerah terpencil tersebut.
Menjelang diselenggarakannya UN pada bulan April 2016 mendatang, berbagai simulasi pun diadakan demi kelancaran saat hari-H. Tidak hanya peserta, tim yang akan menangani komputer untuk UN pun juga wajib mengikuti pelatihan. Terlebih, UNBK 2016 memiliki sistem yang sedikit berbeda dari tahun lalu. Sebelum dimulai, diperlukan instalasi virtual hardisk (VHD) terbaru dan starter UNBK versi terbaru. Sistem aplikasi tersebut dikirim oleh Pusat Teknologi dan Komunikasi (Pustekkom) Kemendikbud yang bekerja sama dengan Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik). Aplikasi itulah yang akan melakukan sinkronisasi data dari pusat dengan masing-masing sekolah.

Mata Pelajaran yang Diujikan

Beda jurusan, tentu beda mata pelajaran yang diujikan dalam UN 2016. Namun, seluruh jurusan pasti akan berhadapan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. Untuk jurusan IPA, kamu harus menyiapkan diri untuk bertemu dengan soal-soal Kimia, Biologi, dan Fisika. Sedangkan, kamu yang masuk jurusan IPA wajib mempelajari mata pelajaran Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi. Berbeda halnya dengan murid jurusan Bahasa yang akan bertemu dengan Sastra Indonesia/Bahasa dan Sastra Indonesia, Antropologi, serta Bahasa Asing.

Sudah Mulai Melakukan Penyebaran Soal

Seperti yang dilansir oleh tinoberita, Nizam selaku Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud mengatakan bahwa ada skema baru terkait tentang logistik UN. Apabila berjalan sesuai rencana, seharusnya lelang logistik UN sudah mulai dilakukan sejak tanggal 15 Januari 2016 lalu pada tinggat provinsi. Kemendikbud juga telah membentuk tim panitia pengadaan bahan logistik UN yang terdiri atas perwakilan dari provinsi-provinsi. Dengan begitu, tiap provinsi dapat melakukan pelelangan bahan UN secara masing-masing atau membentuk gabungan dengan beberapa provinsi lain. Nizam juga menyebutkan bahwa masa lelang tersebut bakal berjalan selama satu bulan.

sumber : https://video.quipper.com/id/blog/7-informasi-terbaru-ujian-nasional-2016-yang-kamu-belum-tahu-sebelumnya/?utm_source=quipper_video_blog&utm_medium=text&utm_content=tips_dhimas&utm_campaign=internal_promotion

Tidak ada komentar: