Sabtu, 07 Maret 2015

RAMBAK DAUN PRING (BAMBU) - RAMPING



Daun pring (bambu) mengandung zat-zat aktif yang bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti misalnya flavonoid, polisakarida, klorofil, asam amino, vitamin, dan mikroelemen yang berkhasiat meredakan batuk, sesak napas, menurunkan lemak darah, kolesterol, serta mampu mengobati dan mencegah penyakit jantung, kanker, dan asam urat.
A.      PEMBUATAN
1)    Pilih daun bambu yang masih muda (yang berwarna hijau)
2)    Bersihkan bulu daun bambu dengan cara direbus, kemudian dihaluskan menggunakan blender dengan sedikit campuran air
3)    Langkah ketiga campurkan tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih yang sudah dihaluskan, serta garam dan gula, lalu diaduk dengan menambahkan cairan daun bambu yang sudah diblender dan air secukupnya ke dalam adonan.
4)    Aduk adonan hingga menjadi kalis (tidak lengket di tangan)
5)    Selanjutnya, cetak adonan secara merata pada sebuah wadah lalu dikukus sampai benar-benar matang hingga warna adonan menjadi hijau bening.
6)    Bila adonan sudah matang, angin-anginkan kurang lebih 12 jam. Dan setelah mengeras bisa dipotong tipis-tipis dengan ketebalan kurang lebih 2 cm dan dikeringan di bawah sinar matahari.
7)    Jika irisan kerupuk mudah patah berarti sudah kering dan siap untuk digoreng.
8)    Goreng dalam minyak yang cukup dan kemas dalam plastic kedap udara. Rambak daun bambu alias Ramping siap untuk dipasarkan.


B.      KOMPOSISI
Bahan :
1)    Tepung tapioka 500 gram
2)    Tepung terigu 100 gram
3)    Garam 25 gram
4)    Gula pasir 35 gram
5)    Bawang putih 7 siung
6)    Kapur sirih satu sendok makan
7)    Air 350 ml
8)    Daun bambu muda secukupnya
9)    tumbar
Alat :
1)    Pisau
2)    Ember
3)    Telenan
4)    Sendok
5)       Panci

C.      KADALUARSA
15 Hari

D.     HARGA JUAL
Kemasan Besar Rp. 4.000,-
Kemasan Kecil Rp. 1.000,-


Tidak ada komentar: