Rabu, 15 Januari 2014

Sinusitis pada Balita

Setiap menjelang subuh anak saya pasti menangis kencang sambil menggosok-gosok hidung nya, ingus nya juga banyak sekali, seperti tidak ada habisnya. Memang sih anak saya sudah berbulan-bulan pileknya tidak kunjung sembuh”.
Saya mengalami kejadian itu terutama jika anak saya yang pertama sedang dalam kondisi yang tidak sehat, atau di musim hujan seperti sekarang ini. Pilek yang berkepanjangan yang sepertinya tidak pernah berhenti dan tidak pernah sembuh, hal tersebut harus diwaspadai karena bisa jadi anak Moms terkena sinusitis seperti anak saya.

Sejak anak saya yang pertama berusia kurang lebih 3 tahun mengalami pilek yang berkepanjangan (hingga saat ini, usia nya nyaris 7 tahun), sinusitis yang dialami anak saya dikarenakan oleh berbagai macam hal dan beberapa diantaranya adalah karena virus common cold (biasa disebut dengan flu) dan dikarenakan alergi. Apabila keadaannya sedang parah maka anak saya akan mengalami kesulitan bernafas melalui hidung, dia akan menggunakan mulut untuk membantu bernafas. Selain itu ingus nya pun akan berwarna hijau, kental dan sepertinya pabrik ingus nya tidak berhenti berproduksi, selalu ada setiap waktu. Terkadang disertai pula dengan demam, apabila disertai pula dengan radang tenggorokan.
Anak saya sudah menggunakan berbagai macam metode pengobatan baik itu ke dokter anak dan juga ke dokter THT tetapi hingga saat ini disaat alergi anak saya sedang kambuh maka akan mengalami pilek yang berkepanjangan. Obat yang masih tetapi digunakan hingga saat ini adalah obat semprot hidung yang disemprotkan pada malam hari dan juga obat alergi disaat alergi nya sedang kambuh berat. Ada metode pengobatan sinusitis yang dikarenakan oleh bakteri yaitu menggunakan antibiotic, gejalanya apabila disertai dengan demam dan berlangsung lama.
Sinusitis yang sekarang banyak dialami oleh anak balita adalah sinusitis yang disebabkan oleh alergi, semakin hari semakin banyak anak-anak yang mengalami alergi dan berakhir kepada sinusitis. Saya masih mencari pengobatan yang terbaik untuk anak saya, walaupun sekarang dengan bertambahnya usia, berkurang reaksi alergi nya maka sinusitis nya pun mulai berkurang. Anak saya sudah mulai berkurang keluhan pusing dibagian antara mata, tidur malam nya pun sekarang lebih nyenyak dan bisa bernafas dengan lega tanpa mengalami sumbatan hidung

Tidak ada komentar: