Sabtu, 27 Februari 2016

Memotivasi Siswa


Memotivasi murid merupakan tindakan wajib yang para guru harus lakukan dalam proses pembelajaran, karena dengan memotivasi para murid membantu mereka untuk fokus agar studi mereka menjadi lebih baik dan terlebih lagi, supaya para murid dapat membantu dalam memperbaiki tujuan hidup mereka.
Memperbaiki Tujuan Hidup Mereka, maksudnya banyak dari para murid yang kehilangan minat dalam studi mereka karena kurangnya motivasi, perhatian dan bimbingan dari para guru guru mereka. Kehilangan minat dalam studi dapat membuat kegagalan dalam hidup mereka ketika menjadi dewasa nanti.
Ada 2 jenis dalam Hal Memotivasi Para Murid, yang pertama motivasi intrinsik (motivasi yang membuat murid tertarik pada pekerjaan karena kemauan dan pikiran yang kuat dari murid tersebut) dan motivasi ekstrinsik (motivasi yang membuat murid bekerja keras dan belajar dengan tujuan untuk mendapatkan hadiah ataupun dipuji oleh orang tua / guru).

Cara untuk Memotivasi Para Murid dalam proses Pembelajaran Mereka, Motivasi motivasi diantaranya sebagai berikut :
#1 - Tanggung Jawab
Tanggung Jawab disini yaitu beri kepercayaan pada para murid untuk memilih dan mengontrol kegiatan yang terdapat dalam kelas, sebagai contoh mengizinkan untuk memilih tugas yang akan dikerjakan sehingga membantu para murid dalam hal tanggung jawab dan mandiri.
#2 - Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran disini memberi tahukan pada para murid tujuan, aturan dan sesuatu yang akan didapatkan kedepannya supaya para murid tidak pusing dan mereka memiliki tujuan dan hasil kedepannya nanti.
#3 - Kondisi Nyaman
Beri Kondisi yang nyaman, aman dan mendukung bagi para murid saat melakukan proses pembelajaran di kelas, supaya para murid tetap termotivasi untuk melakukan pekerjaan mereka.
#4 - Gaya Mengajar
Gaya Mengajar disini merupakan tindakan supaya para murid tidak bosan dengan proses pembelajaran, ubah gaya mengajar seperti belajar diluar kelas, belajar di perpustakaan, dll. Hal tersebut dapat membuat Otak mereka dapat hal hal yang baru dan tetap fresh yang akhirnya akan lebih termotivasi.
#5 - Pengalaman
Pengalaman disini maksudnya mencampur beberapa pelajaran, sehingga para murid dengan preferensi yang berbeda beda masing-masing membuat waktu terfokus pada hal-hal yang mereka sukai. Melakukan hal ini akan membantu siswa tetap terlibat dan memperhatikan.
#6 - Persaingan Positif
Menciptakan persaingan untuk para murid pada beberapa kasus akan dapat memotivasi agar lebih berusaha lebih keras dan bekerja untuk unggul dengan murid yang lainnya. persaingan positif tersebut berupa pertandingan grup yang terkait pada materi materi untuk memamerkan pengetahuan yang dimiliki mereka.
#7 - Hadiah
Hadiah yang dimaksud dalam hal ini yaitu berupa menonton film, pemberian stiker pada buku atau lembar kerja mereka, supaya para murid dapat bekerja lebih keras dan benar-benar mencapai tujuan yang dicapai mereka.
#8 - Bekerja Sama
Tindakan Bekerja Bersama akan membuat para murid lebih bersenang senang dalam proses pembelajaran, melakukan proses pembelajaran secara bersama sama seperti dalam hal memecahkan masalah, melakukan percobaan, dan bekerja pada proyek-proyek dengan para murid yang lainnya akan membuat motivasi para murid dalam belajar akan meningkat.
#9 - Pujian
Berikan Pujian pada para murid sehingga para murid dapat lebih percaya terhadap apa yang dikerjakan dengan pekerjaan murid tersebut. memberikan pujian untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik, dan berbagi pekerjaan teladan akan membuat para murid menjadi sangat senang dan akan betah dalam hal belajar
#10 - Refleksi Diri
Mendorong refleksi diri dalam hal seperti melihat kepada diri mereka sendiri menentukan kekuatan apa dan kelemahan yang mereka miliki sendiri. Karena dengan adanya refleksi diri, dapat membantu para murid dengan menciptakan jenis - jenis kritik dari diri mereka sendiri dari pada dengan memiliki seorang guru yang melakukannya untuk mereka.
#11 - Semangat
Bersemangatlah dalam melakukan proses pembelajaran karena dengan cara ini dapat membantu para murid untuk berbagi antusiasme yang dimiliki, bila mengajar dengan bersemangat maka para murid pun akan ikut menjadi lebih bersemangat dalam belajar.
#12 - Mengenal Murid
Mengenal setiap murid yang diajarkan akan menjadi perasaan bangga akan dirinya sendiri, mereka akan merasa dihargai dan akan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan memotivasi belajar mereka untuk bekerja pun menjadi lebih keras.
#13 - Manfaatkan Minat
Setiap Murid pasti memiliki beberapa minat pada yang dimilikinya, manfaatkanlah minat yang dimiliki pada beberapa murid tersebut. Dengan memanfaatkan minat tersebut, Guru dapat menggunakan kepentingan tersebut untuk dapat membuat hal - hal yang lebih menarik dan relatable kepada para murid muridnya.
#14 - Bantu Temukan Motivasi Intrinsik
Seperti yang dikatakan seperti yang di atas tadi, jika para murid tidak bisa menumbuhkan Motivasi Intrinsik dengan sendirinya, maka kita sebagai guru perlu untuk membantu siswa menemukan motivasi intrinsik nya, dengan cara mendorong minat mereka dalam pembelajaran sehari hari.
#15 - Kelola Kecemasan
Kelola Kecemasan disini maksudnya biasanya para murid menemukan prospek yang tidak baik sehingga menimbulkan kecemasan - kecemasan, dan disini para guru menawarkan dukungan untuk para murid untuk memastikan bahwa para murid tidak merasa begitu kewalahan oleh harapan mereka dan pantang menyerah dalam menggapai harapan tersebut.
#16 - Buat Tujuan
Buatlah tujuan yang tinggi yang nantinya bisa dicapai oleh para murid sehingga para murid nantinya akan dapat bekerja untuk mencapai harapan yang tinggi tersebut, jadi jangan takut untuk membantu mendorong para murid untuk mendapatkan lebih banyak Tujuan dari mereka.
#17 - Umpan Balik
Berikan umpan balik dan peluang yang nantinya dapat menawarkan untuk para murid untuk melakukan perbaikan, dengan umpan balik tersebut para murid akan berjuang dengan pekerjaan kelas yang kadang-kadang dapat membuat mereka merasa frustrasi.
#18 - Lacak Kemajuan
Melacak Kemajuan dari para murid membantu untuk melihat seberapa jauh apa yang telah mereka peroleh dalam proses pembelajaran, terutama dengan mata pelajaran yang sulit bagi mereka untuk dipelajari. Dengan cara ini dapat untuk melihat secara visual, seberapa banyakkah mereka dalam proses belajar.
#19 - Buat Hal yang Menyenangkan
Tambahkanlah kegiatan yang menyenangkan pada setiap kegiatan pembelajara dari hari ke hari, supaya sekolah dapat membantu para murid yang berjuang untuk tetap tterlibat dan membuat kelas yang ditempatinya menjadi tempat yang jauh lebih ramai lagi bagi para murid.
#20 - Kesempatan Sukses
Berikanlah kesempatan untuk Para murid menjadi sukses, karena dengan memberikan kesempatan ini mereka merasa disertakan dan merasa dihargai. Dengan Kesempatan ini, dapat membuat dunia mereka yang berbeda akan termotivasi dengan Aktivitas mereka Sendiri.
#21 - Hilangkan rasa Ragu Ragu
Jangan biarkan Para Murid mengalami Sikap keragu - raguan pada kegiatan sehari hari mereka, seringkali beberapa siswa tampak kurang percaya diri dan tampak ragu - ragu dalam melakukan kegiatan pembelajaran pada setiap harinya. Maka dari itu, Siswa yang punya keragu - raguan ini Perlu dihilangkan rasa keragu raguan supaya dapat menjadi motivasi dalam pembelajarannya.
#22 - Beri Kompetisi
Berikanlah kompetensi dalam proses pembelajaran, dengan adanya kompetisi pada setiap murid, para murid dapat lebih termotivasi dengan kompetisi tersebut, akan tetapi kompetisi tersebut jangan menjadi sebuah boomerang kepada para guru itupun sendiri.
#23 - Kesan Positif
Kesan positif yang dimiliki para guru dapat menunjukkan bawah Guru yang memberi pengarahan akan patut untuk didengarkan. Para murid pun mungkin akan menaruh curiga Pada saat pertama kali belajar, namun Jika memberikan kesan positif pada pertama kalinya, insya'allah akan berhasil merebut kepercayaan dan hormat para murid.
#24 - Belajar Lebih Giat
Jika ada seorang murid kurang akan pemahaman pada kelas yang diikuti, maka beri dia bimbingan dalam hal pembelajaran, Bantu para murid dalam hal cara menulis, bagaimana cara mengumpulkan informasi dan tunjukkan beberapa hasil hasil tulisan penelitian dari murid murid yang lain.
#25 - Informasi Tambahan
Tawarkan informasi tambahan tentang apa saja yang akan diajarkan nantinya kepada para siswa, Tambahkan informasi tambahan lebih dalam dan lebih luas daripada mengajarkan sesuatu yang berdasarkan apa apa yang telah tertera dalam kurikulum tersebut.
Nah Begitulah beberapa cara untuk memotivasi siswa

Tidak ada komentar: