Selasa, 16 Desember 2014

Cara pembulatan keatas semua angka dibelakang koma secara otomatis di Excel

Dalam kehidupan kita sehari-hari, terkadang kita dihadapkan pada suatu hal yang diluar kaidah tertentu dalam menjalankan suatu pekerjaan. Biasanya hal tersebut dinyatakan dengan kata “Pokoknya begini”, sehingga aturan yang sudah baku dijalankan menjadi tidak berlaku lagi karena kata “pokoknya”.
Dalam ilmu matematika / angka, kaidah pembulatan angka dibelakang koma adalah angka 1 sampai 4 dihilangkan sedangkan angka 5 sampai 9 dibulatkan keatas. Sebagai contoh adalah sebagai berikut :
  • 253,4 dibulatkan menjadi 253
  • 253,6 dibulatkan menjadi 254
Di kalkulator yang ada pengaturan pembulatan atau program pengolah angka seperti Ms Excel, pembulatan tersebut akan dilakukan secara otomatis, tanpa harus kita melakukannya secara manual. Tentunya akan mempermudah kita dalam hal pembulatan angka.
Seperti yang telah kita ungkapkan diatas, terkadang kita dihadapkan pada persoalan yang diluar aturan yang telah baku tersebut. Seperti halnya dalam hal pembulatan angka, bahwa anda diharapkan untuk melakukan pembulatan keatas semua angka dibelakang koma termasuk angka 1 sampai 4 sekalipun. Sehingga jika contoh diatas diterapkan akan menjadi seperti dibawah ini.
  • 253,4 dibulatkan menjadi 254
  • 253,6 dibulatkan menjadi 254
Agar dapat dilakukan pembulatan keatas semua angka dibelakang koma secara otomatis, kita dapat menggunakan rumus atau formula
=ROUNDUP(number;num_digits)
  • Number dapat anda isi dengan angka atau sel atau rumus pembagian maupun perkalian yang ingin hasilnya dilakukan pembulatan.
  • Num_digits diisi dengan angka nol (0) karena semua angka akan dibulatkan keatas tanpa ada angka lagi dibelakang koma. Jika ingin melakukan pembulatan dengan masih menyisakan digit angka dibelakang koma silahkan isi num_digits dengan 1, 2, dst.
Sebagai contoh silahkan perhatikan gambar dibawah ini.
  1. Membulatkan angka

    pembulatan angka keatas

  2. Membulatkan angka menggunakan rumus

    pembulatan angka keatas dengan rumus

Tidak ada komentar: