Sabtu, 12 November 2016

The Point Competitions (Pembelajaran Kimia Menyenangkan)



The Point Competitions
(SusantoChimi)

Permainan dalam pembelajaran ini mirip dengan permainan ular tangga, hanya saya dalam permainan ini papan permainannya tidak dilengkapi ular atau tangga (tetapi kalau bapak ibu guru mau menambahkan tanda tangga dan ularpun bisa). Permainan ini di gunakan (lebih cocok) untuk materi-materi yang kajianya luas/tidak hanya bersumber pada 1 sumber/referensi misalnya pada 1 buku atau penjelasan guru. Permainan ini hasil kolaborasi, inovasi dan pengalaman mengajar penulis pada saat melaksanakan KBM pada materi tertentu (KIMIA UNSUR) untuk mendapatkan hasil maksimal dalam KBM.

Pada dasarnya permainan ini bertujuan untuk menggali potensi siswa kemampuan siswa menganalisis, mengeksplorasi, menjelaskan, mendemostrasikan dan kerjasama siswa.
Permainan ini bisa dilaksanakan tanpa persiapan khusus, karena soal-soal yang ada dalam permainan ini seluruhnya bersumber dari siswa, guru hanya berfungsi sebagai moderator dan juri.

Adapun Alat dan Bahan Yang diperlukan :
1.   Papan Permainan (papan yang bertuliskan angka 1-100/dapat juga digantukan dengan papan/lembaran tapel periode besar)
2.   Dadu
3.   Penanda Waktu (JAM)
Prosedur Permainan :
1.   Pada pertemuan sebelumnya masing-masing siswa di minta membuat 10 pertanyaan atau lebih beserta jawabanya
2.   Membagi Kelas menjadi dua Kelompok Besar (absen genap-ganjil atau absen atas-bawah)
3.   Menjelaskan kepada siswa tentang aturan permainan :
1)   Kelompok Yang bermain adalah kelompok yang menjawab pertanyaaan (Sebelumnya kelompok yang bermain melemparkan dadu)
2)   Kelompok lain/rival memberikan pertanyaaan
3)   Permainan dimulai (mascot) menuju angka sesuai yang ditunjukkan dadu ketika kelompok yang bermain bisa menjawab pertanyaan
4)   Permainan akan dilanjutkan (melempar dadu kembali) dan menjawab pertanyaan yang diberikan kelompok lawan (1 pertanyaan 1 permainan) sampai kelompok yang bermain tidak bias menjawab pertanyaan dan permainan akan berganti kepada kelompok lawan. Dan seterusnya
5)   Waktu bertanya dan menjawab pertanyaan di usahakan di batasi (+ 15 Detik)
6)   Supaya dalam menjawab dan memperikan pertanyaan bias merata kepada seluruh anggota kelompok upayakan pemberian batasan pada siswa masing-masing 3x menjawab dan memberikan pertanyaan
4.   Permainan dapat diakhiri dengan tanda bel berakhir KBM Atau dengan permainan dilakukan selama 1 jam atau ditentukan siapa yang dapat mencapai point/angka tertentu.
5.   Semoga ini bias bermanfaat untuk rekan-rekan guru, senang bisa berbagi kalo kurang jelas bias hub kami di 081217903434

Tidak ada komentar: