Senin, 14 November 2016

PEMBELAJARAN KIMIA MENYENANGKAN 2 (POINT to POINT BREAK 1)



POINT to POINT BREAK
(Susanto Chimi)

Pembelajaran kali ini tetap menggunakan model diskusi kompetisi dalam kelompok yang besar. Masing masing kelompok saling memberikan pertanyaan kepada kelompok yang lain dengan konsekuensi kelompok yang angggotanya tidak bisa menjawab pertanyaan harus turun di tempat isolasi sampai salah satu kelompok habis. Berikut prosedur pembelajaran model point to point break.

1.  Menyiapkan pembelajaran pada pertemuan sebelumnya dengan memminta siswa membuat pertanyaan dan sekaligus jawaban masing-masing siswa minimal 10 soal dan jawaban
2.  Pada Pelaksanaan Pembelajaran. Membagi Kelompok menjadi 2 bagian besar dan menyiapkan tempat isolasi untuk siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan.




3.  Sebelum permainan dimulai, guru membacakan aturan permainan kepada siswa:
a.   Waktu mulai memberikan pertannyaan adalah + 15 detik dimulai dari kesempatan memberikan pertanyaan. Dan menanggapi pertanyaan sekaligus menjawab pertanyaan jika kelompok lain menjawab atau tidak bias menjawab pertanyaan. Penjelasan jawaban yang tidak tepat/sesuai dengan pertanyaan mengakibatkan harus turun di tempat isolasi.
b.  Waktu menjawab pertanyaan + 15 detik dimulai dari penanya mengakhiri pertanyaan. Jika pihak yang menjawab tidak bias menjawab pertanyaan maka secara otomatis akan turun ke tempat isolasi.
c.   Untuk anggota kelompok yang berada ditempat isolasi, dapat kembali ke semula jika dapat membantu kelompoknya menjawab pertanyaan.
4.  Permainan dimulai dengan ditandai “SUIT” perwakilan antar kelompok untuk menentukan kelompok mana yang seharusnya memberikan pertanyaan dan kelompok yang menjawab pertanyaan.
5.  Pertanyaan segera di nyatakan setelah kelompok mendapat bagian, dan menggapinya setelah kelompok yang lain menjawabnya.
6.  Pertanyaan akan berpindah jika kolompok lain tidak bisa menjawab atau kelompok penanya tidak dapat menjelaskan/menanggapi jawaban secara tepat. Dan berganti kekelompok lain dab begitu selanjutnya
7.  Permainan akan di akhiri jika salah satu kelompok habis dan berpindah ke tempat isolasi.
Pembelajaran ini hasil pemikiran dan inovasi yang di lakukan penulis, mohon masukan dan kritikan rekan rekan guru. Hal-hal yang belum jelas bias didiskusikan dengan kami HP 081217903434


Tidak ada komentar: