Senin, 02 Mei 2016

4 Hal Wajib untuk Persiapan Satu Bulan Sebelum SBMPTN


Persiapan Satu Bulan Sebelum SBMPTNMenjadi murid SMA tingkat akhir bukan hanya tentang Ujian Nasional (UN), lho. Setelahnya, kamu masih harus kembali berjuang dalam berbagai ujian masuk universitas, salah satunya adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksi satu ini diadakan resmi oleh pemerintah dan lulusan SMA dari dua tahun sebelumnya juga diperkenankan untuk menjadi peserta.
Jadi, tidak mengherankan apabila kamu waswas dalam mengahadapi SBMPTN. Terlebih, waktu yang tersedia untuk mempersiapkan diri juga tidak begitu banyak karena telah tersita untuk UN. Anggap saja waktu yang kamu punya untuk mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN hanya satu minggu. Lalu, hal-hal apa sajakah yang harus kamu lakukan?

Melakukan Pendaftaran

Biasanya, pendaftaran SBMPTN dibuka satu bulan setelah UN diselenggarakan dan satu bulan sebelum ujian tulis dilaksanakan. Belum ada jadwal SBMPTN resmi untuk tahun 2016. Tapi, apabila dilihat dari jadwal tahun 2015, kemungkinan besar pendaftaran SBMPTN akan dibuka pada pertengahan bulan Mei dan ujian tulisnya dilaksanakan pada bulan Juni. Sebelumnya, panitia SBMPTN akan meluncurkan video tata cara pendaftaran pada situs resmi mereka.
Jadi, sebulan sebelum SBMPTN berlangsung, pastikan kamu menonton video tersebut atau membaca tata cara pelaksanaan SBMPTN sejak awal hingga akhir. Dengan begitu, ketika pendaftaran dibuka, kamu tidak akan merasa bingung maupun melakukan kesalahan. Jangan panik apabila menemui sistem error. Hal tersebut terjadi karena banyaknya orang yang mengakses situs pendaftaran pada saat bersamaan. Kamu bisa mencobanya lagi pada dini hari ketika lebih sepi.

Mengerjakan Soal-Soal Latihan

Setelah sukses melakukan pendaftaran, jangan langsung bersantai dulu, Quipperian. Kamu harus tetap belajar, belajar, dan belajar. Buka kembali buku-buku catatan materimu. Biasanya, kisi-kisi untuk soal-soal SBMPTN tidak akan jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kok. Jadi, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut agar tidak perlu mempelajari semua materi yang kamu dapat selama SMA. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus dan tidak merasa kewalahan.
Jangan biarkan materi-materi yang telah kamu pelajari terbuang percuma. Asah melalui berbagai latihan soal. Banyak, kok, buku-buku kumpulan soal SBMPTN dari tahun ke tahun yang dijual di pasaran. Kamu bahkan bisa mendapatkannya secara gratis melalui internet. Pelajari tingkat kesulitannya, pola soal yang keluar, tips dan trik dalam menjawabnya, dan hal-hal penting lainnya. Semakin sering mengerjakan latihan soal, kamu pun akan merasa lebih terbiasa dan tidak kagok.

Mengikuti Berbagai Try Out

Saat mengerjakan soal-soal latihan, rasanya banyak jawabanmu yang benar. Tapi, bagaimana peluangmu untuk lolos SBMPTN dan masuk ke kampus impian? Kamu bisa mengetesnya dengan mengikuti berbagai try out. Biasanya, try out SBMPTN banyak diadakan oleh lembaga bimbingan belajar. Tidak perlu menjadi murid bimbingan belajar tersebut untuk mengikuti try out, kok. Biasanya, kamu hanya diharuskan untuk membayar dengan biaya yang telah ditentukan.
Mengikuti try out akan melatih daya saingmu, mengingat bahwa kamu harus berebut kursi kuliah dengan seluruh peserta SBMPTN dari seluruh Indonesia. Kamu juga bisa sekaligus mengukur kemampuan akademikmu. Umumnya, hasil try out diumumkan menggunakan sistem ranking. Dari situ, kamu akan mengetahui nilai mata pelajaran apa yang masih kurang sehingga bisa segera memperbaikinya. Ikutilah try out selanjutnya untuk melihat perkembangan akademikmu.

Program Intensif SBMPTN

Kamu bisa menemui program intensif SBMPTN pada berbagai lembaga bimbingan belajar yang menerima peserta dari murid SMA. Hal satu ini sebenarnya tidak wajib dilakukan karena tidak semua anak suka dengan sistem belajar tersebut. Tetapi, bagi kamu yang merasa butuh materi tambahan, tidak ada salahnya untuk mencoba program intensif SBMPTN. Selain materi, tiap bimbingan belajar biasanya summemiliki tips dan trik khusus untuk menjawab soal-soal.
Tapi, bagi kamu yang tidak tertarik untuk mendaftar program intensif SBMPTN, mungkin kamu lebih cocok mengikuti bimbingan belajar online khusus SBMPTN seperti Quipper. Kamu tetap akan bertemu dengan para mentor berkualitas melalui fitur Quipper Video yang punya 220 video. Asyiknya, video-video materi tersebut bisa diputar sebanyak yang kamu mau. Selain itu, kamu juga akan punya akses untuk men-download materi dan berbagai soal latihan.
Meskipun waktu yang kamu punya setelah UN tidak terlalu banyak untuk menyiapkan diri menghadapi SBMPTN, kamu tetap harus berusaha dan mengerahkan kemampuan terbaikmu saat ujian tulis nanti. Jangan lupa untuk terus berdoda dan meminta restu orang tua agar kamu merasa lebih tenang, ya. Good luck!  

sumber : https://video.quipper.com/id/blog/4-hal-wajib-untuk-persiapan-satu-bulan-sebelum-sbmptn/

Tidak ada komentar: