Selasa, 26 Januari 2016

Cara Membuat Campuran Semir Ban Mobil dan Motor

Hasil gambar untuk membuat semir banSemir ban sering digunakan untuk merawat dan membersihkan ban motor ataupun mobil. Anda tidak perlu membeli semir bermerk yang dijual di toko toko, kita dapat membuat sendiri karena memang cara membuat semir ban mobil sangat mudah dan tidak perlu alat yang neko neko.
Tujuan penggunaan semir ban ini dimaksudkan untuk menghitamkan dan mengkilapkan ban agar lebih keren sekaligus membuatnya lebih awet tahan lama. Dengan pemakaian teratur ban lebih bagus, tidak kering dan tetap lentur.

Di pasaran ada dua jenis semir ban yaitu silicon dan non silicon. Masing masing jenis semir roda tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Yang paling murah dan sering digunakan oleh para pemilik jasa cuci mobil adalah jenis Silicon cair. Kali ini tutorial ini juga membahas semir ban berbahan silicon jenis cair.


Cara Membuat Semir Ban Silicon

Cara Membuat Semir Ban Mobil

Alat dan Bahan Semir Mobil

  • 200 ml Silicon emulsi
  • 40 ml silicon oil
  • 800 ml air mineral
  • Wadah
  • Pengaduk
NB: Bahan bisa dibeli di toko kimia terdekat.

Langkah Pembuatan Semir Ban

Untuk membuat pengkilap ban ini, pertama tama kita campurkan Silicon emulsi dan Silicon Oil. Setelah merata, barulah masukkan air secara perlahan sambil terus diaduk. Campuran semir ban Silicon cair sudah siap digunakan untuk keperluan anda sendiri.
Sebenarnya jika ingin hasil yang baik, gunakan silicon oil saja. Tapi harganya di pasaran cukup mahal.

Petunjuk Pemakaian Semir Ban Cair


Oke, setelah berhasil membuat semir ban maka langkah selanjutnya adalah mengaplikasikannya pada ban mobil anda. Terlebih dahulu cuci ban mobil, anda bisa memakai shampoo mobil agar lebih bersih. Jika ban sangat kotor maka anda juga perlu melakukan scrubbing dan sikat celah celah pada ban sampai benar benar bersih. Selanjutnya lap sampai kering. Langkah terakhir tinggal mengaplikasikan semir ban dengan merata. Langkah ini bisa dilakukan dengan kuas ataupun sikat.
Roda sebagai penumpu mobil dan montor harus selalu diberi perawatan secara teratur. Pemberian semir ban dapat dilakukan setidaknya 2x dalam sebulan (Tergantung penggunaan kendaraan). Itulah langkah mudah cara membuat semir ban mobil dan motor yang dapat anda coba sendiri di rumah

Tidak ada komentar: