Selasa, 06 Oktober 2015

Cara Membuat Bom Asap (Smoke Bomb)

Mungkin karena sedang terobsesi dengan film-film ninja dimana para ninja bisa melarikan diri dengan cara mengeluarkan bom asap (smoked bomb) apabila sedang terkepung, maka pada posting kali ini saya akan membagikan informasi tentang bagaimana cara pembuatan bom asap.
Lumayan, bahkan sangat bermanfaat. Bisa diajarkan oleh guru di kelas, digunakan dalam konser musik, sebagai mainan, menakuti seseorang atau untuk bahan keamanan. Bom asap yang akan kita buat tidaklah berbahaya. Tapi tetap saja tidak aman untuk dimakan atau dicolokkan ke mata teman. Kalau dihirup berlebihan tidak baik bagi paru-paru.



Gambar Ninja dan Bom Asapnya

Prosedur Pembuatan

  1. Campurkan 2 bagian gula pasir/sukrosa (C12H22O11) dengan 3 bagian kalium nitrat (KNO3) dalam wajan (usahakan wajan anti lengket atau teflon) atau bisa juga menggunakan gelas kimia.
  2. Letakkan di atas hot plate atau kompor atau pembakar spiritus. Panaskan campuran tersebut dengan api kecil (wajib api kecil). Aduk-aduk dengan menggunakan spatula atau sendok plastik.
  3. Terus aduk-aduk sampai campuran gula dan kalium nitrat meleleh dan membentuk karamel atau pasta.
  4. Setelah berbentuk pasta. Matikan api, masukkan pasta ke dalam bola pingpong yang dilubangi atau ke dalam roll bekas tisu toilet atau bisa juga dibungkus menggunakan alumunium foil sebagai wadah.
  5. Buatlah sumbu dengan menggunakan benang kasur yang dilumuri serbuk kalium nitrat. Lalu hubungkan dengan pasta yang telah kamu buat tadi.
  6. Nyalakan sumbu, dan lihatlah apa yang terjadi. Selamat mencoba!
  7. Untuk menciptakan asap yang berwarna, tinggal tambahkan pewarna serbuk pada wadah bom asap.
Catatan
  • Serbuk kalium nitrat sulit didapatkan di Indonesia karena tidak dijual secara umum. Kamu bisa membelinya di sekolah-sekolah yang menjualnya atau di toko bahan kimia khusus.
  • Lakukan setiap prosedur dengan benar dan tepat.




sumber : http://www.rofayuliaazhar.com/2015/02/cara-membuat-bom-asap-smoke-bomb.html

Tidak ada komentar: