Pertumbuhan startup pendidikan di Indonesia memang tidak begitu pesat jika dibandingkan startup di ranah lainnya, seperti e-commerce. Meskipun demikian, sudah ada beberapa startup yang ambil bagian dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan di negara ini. Kali ini kami berhasil merangkum 15 startup pendidikan di Indonesia untuk Anda:

Marketplace guru dan murid

1. Tutor

tutor
Tutor merupakan marketplace online yang membantu menghubungkan tutor dan siswa di Indonesia. Website in menyediakan berbagai pilihan mata pelajaran mulai dari Pre-school hingga SMA, ada juga mata pelajaran umum seperti bahasa dan entrepreneurship. Tutor menarik biaya komisi 20 persen dari setiap nilai transaksi.

2. RuangGuru

ruangguru
Sama seperti Tutor, RuangGuru juga merupakan marketplace online yang membantu menghubungkan guru privat dan siswa di Indonesia. Namun, pilihan mata pelajaran di RuangGuru lebih beragam, mulai dari mata pelajaran pada umumnya hingga pendidikan khusus seperti bimbingan komputer atau olahraga tertentu. Website tersebut juga menghadirkan tutor khusus yang dapat membimbing persiapan ujian, bahasa asing, dan teori musik. RuangGuru juga menarik biaya komisi 20 persen dari setiap nilai transaksi.

Penyedia konten pembelajaran online

3. Zenius

zenius
Zenius merupakan sebuah platform online yang menyediakan video pembelajaran dan worksheet untuk murid. Website ini sudah memiliki puluhan ribu video pembelajaran yang bisa dilihat dengan membeli voucher serta mengaktifkan akun premium terlebih dahulu. Selain video online, Zenius juga menjual VCD dan DVD bagi mereka yang memiliki akses internet terbatas yang bisa dibeli secara online, maupun di reseller offline Zenius yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.
Baca juga: Inilah strategi bisnis Zenius dalam menghasilkan pendapatan Rp 5,8 milyar sepanjang 2013 hingga 2014

4. Sibejoo

sibejoo
Seperti Zenius, Sibejoo juga menyediakan video sebagai media belajar dan latihan untuk murid. Bedanya, Sibejoo bersifat non-profit, sehingga pengguna bisa mengakses video pembelajaran di website ini secara gratis. Sibejoo sudah memiliki ribuan video pembelajaran yang kebanyakan merupakan mata pelajaran yang diujikan di Ujian Nasional di Indonesia seperti matematika, biologi, dan kimia.
Baca juga: Sibejoo menyediakan pelajaran online gratis untuk pelajar Indonesia

5. Inibudi

inibudi
Sama dengan Sibejoo yang bersifat non-profit, video maupun konten pembelajaran lainnya di Inibudi bisa diakses secara gratis. Namun, sementara Sibejoo lebih berfokus menyediakan konten pembelajaran dari mata pelajaran yang formal yan ada di Ujian Nasional, konten Inibudi jauh lebih beragam, mulai dari pengetahuan umum hingga Pengetahuan umum, hingga video mengenai profesi tertentu.
Baca juga: Perkaya proses kegiatan belajar mengajar Anda dengan video edukasi menarik dari Inibudi

Kelas online

6. HarukaEdu

harukaedu
HarukaEdu merupakan sebuah startup e-learning Indonesia dimana anda bisa mengikuti berbagai macam pendidikan formal maupun informal secara online. Ada tiga program yang ditawarkan HarukaEdu, yakni kelas online, kuliah online, dan sertifikasi online.
Baca juga: HarukaEdu ramaikan bisnis e-learning di Indonesia, berfokus pada sertifikasi online
Kelas online pertama HarukaEdu mulai dibuka pada Maret lalu. Kelas di website ini terdiri dari beberapa gelombang yang masing-masing diadakan selama kisaran waktu tertentu. Terkait kuliah online, HarukaEdu menjalin kerjasama dengan universitas berakreditasi A dan B dalam mengubah program offline degree mereka menjadi online degree, yang rencananya akan dilaksanakan bulan September ini. Setelah menyelesaikan program kelas dan kuliah online HarukaEdu, serta lulus ujian sertifikasi, maka pengguna akan mendapat sertifikat online.

7. Squline

Squline-website
Sadar akan tuntutan menguasai bahasa Mandarin yang semakin tinggi, Squline mencoba menyelesaikan persoalan tersebut dengan menyediakan kursus online belajar bahasa Mandarin. Para murid bisa langsung mengikuti kelas virtual online yang diajarkan oleh guru bahasa Mandarin di China. Seperti dalam kelas bahasa lainnya, Squline menyediakan berbagai level kelas dari level elementary hingga advanced.
Baca juga: Melalui Squline, Anda bisa Belajar bahasa Mandarin online dengan native speaker dari China
Layaknya les privat, dalam website ini Anda bisa menentukan waktu belajar Anda sendiri, serta memilih pengajar yang tersedia pada jadwal tersebut.Untuk menggunakan layanan ini, Anda harus membeli paket yang tersedia atau membayar sesuai dengan jumlah pertemuan atau sesi kelas yang ingin Anda dapatkan, dengan harga Rp 136.500 tiap pertemuan.

8. Codemi

codemi
Codemi, atau Collaboration Academy Indonesia, bisa dibilang merupakan tempat kursus online, dimana konten pelajarannya disampaikan melalui video, audio, dan presentasi. Codemi, yang juga merupakan lulusan Jakarta Founder Institute batch ketiga, saat ini baru menawarkan beberapa kursus untuk bisnis. Tim Codemi ingin membuat websitenya fokus hanya pada sedikit kategori untuk saat ini, seperti bisnis dan entrepreneurship, sedangkan kategori subjek lainnya akan ditambahkan tahun ini.

9. Medidu

medidu
Medidu merupakan platform video pembelajaran online di Indonesia, dimana Anda bisa memilih pelajaran atau kelas yang ingin Anda ikuti. Pelajaran yang tersedia di Medidu diajarkan dalam bentuk video, slide, maupun artikel. Di dalam kelas, peserta dapat berdiskusi maupun bertanya pada tutor dan peserta kelas lain. Medidu menyediakan beragam mata pelajaran mulai dari finansial, bisnis, teknologi, hobi, dan lainnya.
Baca juga: Lebih serius di ranah kelas online, Medidu ingin kembangkan aplikasi mobile

10. Kelase

Kelase
Kelase mungkin agak sedikit berbeda dengan website di kategori ini. Jika empat website yang lain menyediakan kelas online, Kelase membantu pendidik membuat kelas online bagi para peserta didiknya. Nantinya, kelas online ini bisa menjadi semacam jejaring sosial bagi pendidik dan anak didiknya, dimana tentunya hal-hal yang mereka bicarakan di Kelase berkaitan dengan akademik. Para pendidik juga bisa mencantumkan semua kegiatan akademik pada fitur kalender, sehingga para peserta didik bisa memantaunya secara online.
Baca juga: Dua veteran Intel Indonesia mendirikan startup pendidikan yang memudahkan pembuatan kelas online
Bagi para peserta didik, Kelase bisa dimanfaatkan untuk menyimpan serta mengakses semua konten pendidikan baik itu e-book, video pendidikan, dan lainnya. Kelase tentunya sangat berguna bagi insitusi pendidikan baik formal (SD, SMP, SMA, SMK, Akademi, Sekolah Tinggi, dan Universitas) maupun non-formal (lembaga kursus, bimbingan belajar, dan penyelenggara home schooling).

Lainnya

11. Brainly

Brainly-header
Brainly merupakan sebuah website yang memungkinkan penggunanya menanyakan dan menjawab pertanyaan terkait pelajaran di sekolah secara terbuka ke pengguna lain. Brainly menyediakan tiga kategori tingkat pendidikan, yaitu SD, SMP, dan SMA. Jumlah pilihan mata pelajaran yang disediakan Brainly juga cukup lengkap, mulai dari matematika hingga bahasa asing dan bahkan seni. Penggunaan layanan ini cukup mudah. Setelah mendaftar, Anda bisa langsung mengajukan dan/atau menjawab pertanyaan.
Baca juga: Kesulitan mencari jawaban PR sekolah? Coba tanyakan di Brainly

12. e-Tryout

etryout-banner
e-Tryout menjadi semacam bank soal bagi penggunanya. Di aplikasi ini Anda bisa menemukan soal-soal yang bisa Anda kerjakan dan juga melihat hasil belajar Anda. Untuk menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu mendaftar dan men-download soal-soal yang tersedia di bank soal aplikasi ini dengan menggunakan saldo. Anda bisa mengisi ulang saldo dengan membeli voucher melalui UniPin, GudangVoucher, IndoMog, transfer, atau yang paling mudah, menggunakan pulsa. Harga tiap paket voucher dihitung berdasarkan jumlah soal, misalnya Rp 1.100 untuk 200 soal, Rp 5.500 untuk 1.500 soal, dan sebagainya.
Baca juga: Ingin menguji hasil belajar Anda? Coba aplikasi bank soal e-Tryout
Pilihan soal yang disediakan aplikasi ini sangat banyak dan mencakup hampir semua tingkatan pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, soal UN, SBMPTN, tes CPNS, dan bahkan pertanyaan umum. Setelah mengerjakan soal, Anda akan mendapatkan hasil dari jawaban Anda berupa nilai dan waktu pengerjaan. Selain itu, Anda juga bisa melihat kembali soal mana yang Anda jawab dengan salah dan jawaban mana yang benar.

13. TokoEdukasi

Tokoedukasi
TokoEdukasi merupakan sebuah website e-commerce yang khusus menjual alat-alat pendidikan bagi sekolah, siswa, dan orangtua siswa. Saat ini, TokoEdukasi menyediakan ribuan produk dengan berbagai kategori seperti software, elektronik, alat peraga, furniture, mainan, perlengkapan sekolah, buku, fashion, dan ekstrakurikuler. Harga yang ditawarkan juga variatif, mulai dari ribuan seperti peralatan untuk ekstrakurikuler pramuka hingga puluhan juta seperti interactive whiteboard.
Baca juga: TokoEdukasi, e-commerce pertama di Indonesia yang khusus menjual alat-alat pendidikan

14. Eductory

website-eductory
Eductory menyediakan direktori online sekolah-sekolah yang ada di Indonesia, termasuk sekolah nasional dan sekolah internasional. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menemukan berbagai informasi kursus serta artikel-artikel pendidikan lainnya di sana.
Baca juga: Kembangkan pengetahuan anak Anda dengan 5 aplikasi Android buatan lokal ini

15. Wikasa

wikasa
Setelah tiga kali pivot, Wikasa yang sudah lama bergerak di ranah pendidikan, membuat aplikasi yang memudahkan pengguna berbagi slide presentasi secara virtual lengkap dengan rekaman suara dari presenternya langsung tanpa harus melewati proses editing terlebih dahulu. Pengguna bisa menggunakan layanan ini dengan cara berlangganan per bulan dengan perkiraan harga dari mulai Rp 99.000 hingga Rp 1,6 juta. Rencananya, Wikasa akan meluncurkan aplikasi Android dan iOS pada tahun ini.

Daftar ini akan terus kami update di masa mendatang. Bagi Anda yang mempunyai informasi tentang startup pendidikan lainnya, jangan ragu untuk menghubungi kami.
(Diedit oleh Bambang Kartika)