Kamis, 20 November 2014

Sebentar Lagi, Anda Bisa "Ngecas" Pakai Kotoran


Ada bakteri dalam kotoran manusia yang bisa menghasilkan listrik.

Ilmuwan di University of East Anglia (UEA) meramalkan, di masa depan, feses atau kotoran manusia akan bisa dipergunakan sebagai sumber tenaga ponsel. Prediksi tersebut didasarkan pada temuan proses alami yang melibatkan bakteri di dalam feses.
Studi yang dilakukan difokuskan pada aktivitas elektron pada protein bakteri. Baik feses manusia atau hewan mengandung bakteri yang menyerap mineral besi, sama seperti manusia menyerap oksigen.

Dalam proses ini, ada muatan listrik yang dihasilkan. Temuan ini diharapkan bisa dikembangkan untuk memproduksi energi bagi perangkat portabel, seperti ponsel, tablet, dan laptop.
"Bakteri ini dapat menghasilkan listrik di lingkungan yang tepat," kata kepala dari fakultas kimia dan biologi University of East Anglia, Julea Butt.
"Ini merupakan kemajuan menakjubkan dalam pemahaman kita tentang bagaimana spesies bakteri dapat menggerakkan elektron dari dalam ke luar sel. Temuan ini juga bisa membantu kita memahami karakter mereka sebagai modul transfer elektron yang kuat," lanjut Julea.
Para peneliti berharap, temuan itu bisa dikembangkan untuk menciptakan sel tenaga mikroba untuk produksi energi terbarukan. (Mirror)

Tidak ada komentar: